Soal dan Jawaban materi Strategi Promosi Kunci Pemasaran Sukses - Prakarya dan Kewirausahaan XI SMA

Berikut adalah soal mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan kelas XI SMA materi Strategi Promosi Kunci Pemasaran Sukses lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Apa yang dimaksud dengan promosi?
  2. Apa yang dimaksud dengan penjualan tatap muka (personal selling)?Berikan contohnya!
  3. Sebutkan tujuan dari promosi?
  4. Bagaimana cara membangun loyalitas konsumen? 
  5. Buatlah contoh isi pesan dalam promosi yang dapat menarik minat konsumen terhadap produk yang ditawarkan?
  6. Sebutkan jenis-jenis teknik promosi?
  7. Apa yang dimaksud contest and sweepstakes?
  8. Mengapa promosi melalui media social sangat popular dikalangan masyarakat?
  9. Apakah yang dimaksud event sponsorship? Berikan contohnya!

Kunci Jawaban

1. Promosi adalah suatu kegiatan bidang marketing yang merupakan komunikasi yang dilaksanakan perusahaan kepada pembeli atau konsumen yang memuat pemberitaan, membujuk, dan mempengaruhi segala sesuatu mengenai barang yang dihasilkan untuk konsumen.

2. Penjualan tatap muka (personal selling) adalah sebuah proses dimana para pelanggan diberi informasi dan penjelasan untuk membeli produk-produk melalui komunikasi secara personal dalam suatu situasi agar pelanggan tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.
Contoh : Jual beli di Pasar Tradisional

3. Tujuan promosi adalah memberikan daya tarik khusus bagi para pelanggan, meningkatkan angka penjualan, membangun loyalitas konsumen.

4. Cara membangun loyalitas konsumen yaitu dengan mengadakan kegiatan promosi misalnya saja memberikan diskon 25% untuk pembelian selanjutnya, atau memberikan kupon khusus yang bisa ditukarkan dengan produk gratis setelah mengumpulkan lima buah kupon pembelian. Dengan hadiah menarik, maka konsumen pun semakin senang membeli produk-produk yang ditawarkan. Selain itu kualitas juga tetap dipertahankan.

5.Contoh isi pesan dalam promosi yang dapat menarik minat konsumen terhadap produk yang ditawarkan: “Buy One Get One”, “All You Can Eat”, “Harga Heboh”

6. Jenis-jenis teknik promosi antara lain: memberikan kupon (Coupons), Price-off Deals/Discount (Potongan harga), Premium and advertising specialties (Promosi special), Contest and sweepstakes (Kontes dan Undian), Sampling and trial offers (pemberian contoh produk), membuat website atau took online, menggunakan social media, membuat chanel youtube, menggunakan sarana iklan gratis dan memanfaatkan ojek online.

7. Contest and sweepstakes dalah teknik promosi yang dilakukan dengan memberikan hadiah berupa tawaran kesempatan untuk memenangkan uang tunai, perjalanan atau barangbarang karena membeli sesuatu.

8. Promosi melalui media sosial sangat popular dikalangan masyarakat karena sosial media saat ini sudah menjadi kebutuhan di masyarakat, 90% orang pasti memiliki sosial media minimal satu aplikasi seperti Facebook, Instagram, twiter. Sehingga promosi melalui media sosial akan cepat terakses dimasyarakat.

9. Event Sponsorship adalah menjadi spronsor pada suatu event besar yang banyak didatangi oleh konsumen.

Contoh Event Sponsorship: Seperti pertandingan balap mobil, konser music atau acara amal, itu membuat merk sangat ditonjolkan pada acara tersebut sehingga membuat kredibilitas merk meningkat bersamaan dengan para penonton di acara tersebut.