Soal dan Jawaban materi Pola-Pola Hereditas Pada Makhluk Hidup - Biologi XII SMA

Berikut adalah soal mata pelajaran Biologi Kelas XII SMA materi Pola-Pola Hereditas Pada Makhluk Hidup lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Jelaskan penentuan jenis kelamin pada lalat buah (Drosophila melanogaster)
  2. Jelaskan mengapa pautan dapat terjadi!
  3. Sebutkan contoh pautan pada manusia!
  4. Jelaskan yang dimaksud dengan pindah silang (Crossing Over)!
  5. Jelaskan perbedaan gen letal dominan dengan gen letal resesif?

Kunci Jawaban

1. Penentuan jenis kelamin pada lalat buah (Drosophila melanogaster)adalah lalat buah betina memiliki sepasang kromosom X, sedangkan lalat buah jantan memiliki satu kromosom X dan satu kromosom Y. Gonosom Y pada lalat buah tidak menentukan jenis kelamin, tetapi menentukan kesuburan (fertilitas). Jenis kelamin lalat buah dapat ditentukan dengan perimbangan jumlah gonosom X dengan jumlah set autosom (indeks kelamin)

2. Pautan dapat terjadi karena adanya peristiwa dua gen atau lebih yang terletak pada kromosom yang sama dan tidak dapat memisah secara bebas pada waktu pembelahan meiosis. Gen-gen tersebut berada dalam keadaan tertaut sehingga cenderung diturunkan bersama-sama. Pautan dapat terjadi pada kromosom tubuh (pautan gen) maupun kromosom seks (pautan seks)
3. Pautan seks pada manusia dapat dibedakan pada gen dominan dengan gen resesif. Pautan gen pada gen dominan misal gigi coklat dan hypertrichosis . Adapun pautan seks pada gen resesif missal
hemophilia, buta warna, dan anadontia.

4. Pindah silang (Crossing Over)adalah peristiwa pertukaran segmen kromatid yang bukan saudaranya dari sepasang kromosom homolog. Pindah silang terjadi saat pembelahan meiosis I, yaitu pada akhir profase I atau awal metafase I. Peristiwa tersebut menghasilkan kombinasi baru (rekombinan gen) dari sifat induknya. Pindah silang mengakibatkan terbentuknya empat macam gamet, dua macam gamet yang sifatnya sama dengan induknya (tipe parental) dan dua macam gamet yang merupakan hasil pindah silang (tipe rekombinan)

5. Perbedaan gen letal dominan dengan gen letal resesif:
Gen letal dominan merupakan gen yang menyebabkan kematian individu dalam keadaan homozigot dominan. Sedangkan Gen letal resesif merupakan gen yang menyebabkan kematian individu dalam
keadaan homozigot resesif.