Soal dan Jawaban materi Pembelahan Sel - Biologi XII SMA

Berikut adalah soal mata pelajaran Biologi Kelas XII SMA materi Pembelahan Sel lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Interfase dalam siklus sel mempunyai peranan penting sebagai persiapan pembelahan. Identifiksikan proses yang terjadi selama interfase dan peranannya dalam pembelahan sel!
  2. Pada saat pembelahan sel terjadi dua proses, yaitu kariokinesis dan sitokinesis. Apakah perbedaan antara kariokinesis dan sitokinesis?
  3. Jelaskan perbedaan mitosis dengan meiosis!
  4. Tuliskan tahap pada pembelahan mitosis!
  5. Jelaskan ciri tahap metaphase pada mitosis!
  6. Jelaskan pengertian gametogenesis ?
  7. Di manakah tempat terjadinya gametogenesis pada Pria? Berapakah sel gamet yang dihasilkan pada proses spermatogenesis?
  8. Apakah perbedaan proses oogenesis dan spermatogenesis?
  9. Jelaskan apakah yang dimaksud dengan Mikrosporogenesis

Kunci Jawaban

1. Proses yang terjadi selama interfase dan peranannya dalam pembelahan sel yaitu Sel - sel belum mengadakan replikasi DNA, sehingga DNA masih berjumlah 1 salinan ( 1c = 1 copy = salinan) dan diploid (2n)
  • Fase sintesis (S):DNA dalam inti mengalami replikasi (penggandaan jumlah salinan) sehingga pada fase S akhirnya menghasilkan 2 salinan DNA dan diploid
  • Fase G-2:Replikasi telah selesai, sel bersiap mengadakan pembelahan.
2. Perbedaan antara kariokinesis dan sitokinesis yaitu:
Kariokinesis adalah tahap pembelahan inti sel terdiri dari empat fase yaitu profase, metafase, anafase dan telofase. Sedangkan Sitokinesis adalah pembelahan sitoplasma yang diikuti dengan pembentukan sekat sel yang baru. Sekat memisahkan dua inti menjadi dua sel anakan. Sitokinesis dimulai pada
tahap telofase akhir.

3. Perbedaan mitosis dengan meiosis adalah sebagai berikut:
Mitosis bertujuan untuk memperbanyak jumlah sel, berhubungan dengan pertumbuhan dan perbaikan sel – sel rusak, terjadi pada sel somatis. Hasil satu kali mitosis dari satu sel induk menghasilkan dua sel anakan yang memiliki ciri yang sama dengan induknya. Sedangkan Meiosis bertujuan untuk mengurangi jumlah kromosom sel induk. Meiosis terjadi pada pembentukan sel kelamin.

4. Tahap pada pembelahan mitosis yaitu: profase, metafase, anafase dan telofase.

5. Ciri tahap metaphase pada mitosis yaitu kedua kromatid dalam satu kromosom (sering disebut kromatid kakak beradik) masih dihubungkan oleh satu sentromer dan terletak di bidang ekuator sel. kromosom berada ditengah bidang equator.

6. Gametogenesis adalah perkembangan sel germinal diploid (2n) menjadi kelamin (ovum dan spermatozoa) haploid (n) (oogenesis dan spermatogenesis).

7. Tempat terjadinya gametogenesis pada Pria yaitu alat kelamin jantan (testis) Sel gamet yang dihasilkan pada proses spermatogenesis adalah empat sel sperma yang fungsional

8. Perbedaan proses oogenesis dan spermatogenesis yaitu:
  • Spermatogenesis adalah proses dimana sel- germinal primer laki-laki mengalami pembelahan dan menghasilkan jumlah sel disebut spermatogonium, yang darinya spermatosit primer berasal.
  • Oogenesis adalah proses pembentukan sel telur. Sel induk telur (oogonium) menjadi besar sebelum membelah secara meiosis.
9. Mikrosporogenesis adalah proses pembentukan mikrospora atau serbuk sari.