Soal dan Jawaban materi Ketimpangan Sosial Sebagai Dampak Perubahan Sosial Ditengah Globalisasi - Sosiologi XII SMA

Berikut adalah soal mata pelajaran Sosiologi Kelas XII SMA materi Ketimpangan Sosial Sebagai Dampak Perubahan Sosial Ditengah Globalisasi lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Mengapa ketimpangan sosial dapat dikategorikan sebagai masalah sosial? Jelaskan !
  2. Mengapa perbedaan sumber daya alam dapat menyebabkan ketimpangan sosial!
  3. Ketimpangan sosial merupakan suatu bentuk ketidak adilan dalam masyarakat. munculnya ketimpangan sosial di masyarakat dapat dipengaruhi oleh faktor pendidikan. Mengapa pendidikan menjadi salah satu faktor penyebab munculnya ketimpangan sosial?
  4. Ketimpangan sosial yang terjadi di masyarakat sering dikaitkan dengan faktor ekonomi masyarakat. Jelaskan hubungan antara ketimpangan sosial dengan faktor ekonomi!
  5. Keberagaman masyarakat indonesia dapat memicu terjadinya ketimpangan sosial. Oleh karena itu, perlu adanya suatu upaya untuk mengatasi masalah ketimpangan tersebut, salah satunya dengan meningkatkan kualitas penduduk. Sebutkan upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas penduduk!
  6. Etnosentrisme dinilai sebagai suatu kecenderungan yang menganggap cara hidupnya sebagai dasar penilaian, sehingga dapat menghambat hubungan antar kebudayaan. Sebutkan dampak yang ditimbulkan dari adanya hambatan dalam hubungan antar kebudayaan !
  7. Ketimpangan sosial yang terjadi di masyarakat dapat menimbulkan masalah sosial yang beragam seperti pencemaran lingkungan, kriminalitas, kenakalan remaja. Sebutkan upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ketimpangan sosial tersebut!
  8. Sebutkan usaha pemerintah dalam penyediaan lapangan pekerjaan!

Kunci Jawaban

1. Ketimpangan sosial dapat dikategorikan sebagai masalah sosial karena ketimpangan sosial merupakan suatu keadaan dimana terjadi
suatu kesenjangan, ketimpangan, atau ketidaksamaan akses untuk mendapat atau memanfaatkan sumber daya yang ada.

2. Perbedaan sumber daya alam dapat menyebabkan ketimpangan sosial karena daerah yang kaya akan sumber daya alam dan mampu memanfaatkannya dengan baik akan menjadi daerah yang makmur, beda dengan daerah yang tidak punya sumber daya alam dimana daerah itu harus bergantung pada daerah lain, ketimpangannya ada pada seberapa makmur/kaya daerah itu dilihat dari sumber daya alam yang dimilikinya.

3. Pendidikan menjadi salah satu faktor penyebab munculnya ketimpangan sosial karena pendidikan itu sangat penting bagi setiap manusia apabila di daerah fasilitas pendidikannya kurang memadai sedangkan di kota sangat memadai sehingga mengakibatkan ketimpangan sosial.

4. Hubungan antara ketimpangan sosial dengan faktor ekonomi bahwa tidak adanya pemerataan dalam pembangunan ekonomi menimbulkan ketimpangan sosial.

5. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas penduduk, antara lain:
  • Memperbaiki kualitas pendidikan
  • Meningkatkan fasilitas kesehatan
  • Melakukan pembudayaan kelompok di masyarakat.
6. Dampak yang ditimbulkan dari adanya hambatan dalam hubungan antar kebudayaan yaitu dapat menghambat proses asimilasi dan integrasi, serta dapat menimbulkan konflik SARA.

7. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ketimpangan sosial yang beragam seperti pencemaran lingkungan, kriminalitas, kenakalan remaja antara lain:
  • Meningkatkan kualitas penduduk melalui pendidikan, kesehatan, maupun pemberdayaan kelompok di masyarakat.
  • Mobilitas sosial dengan melakukan pemerataan penduduk
  • Menciptakan peluang kerja dengan membuka lapangan kerja yang memanfaatkan kondisi lingkungan sekitar.
8. Usaha pemerintah dalam penyediaan lapangan pekerjaan yaitu:
  • Mengadakan proyek padat karya
  • Mendirikan lebih banyak UKM - UKM
  • Memberlakukan Inpres Desa tertinggal