Soal dan Jawaban materi Evaluasi Pemberdayaan Komunitas Dalam Menyikapi Ketimpangan Sosial - Sosiologi XII SMA

Berikut adalah soal mata pelajaran Sosiologi Kelas XII SMA materi Evaluasi Pemberdayaan Komunitas Dalam Menyikapi Ketimpangan Sosial lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay:
  1. Suatu tindakan pengambilan keputusan untuk menilai suatu objek, keadaan, peristiwa, atau kegiatan tertentu yang sedang diamati disebut... .
  2. Proses pengumpulan informasi (data dan fakta) dan pengambilan keputusan- keputusan yang terjadi selama proses pelaksanaan program adalah bentuk dari...
  3. Output atau hasil pemberdayaan mampu berupa hasil langsung dan hasil akhir. Hasil akhir berupa peningkatan produktivitas, kemampuan, dan kesejahteraan masyarakat penerima manfaat, sementara hasil langsung berupa... .
  4. Ada beberapa model evaluasi pemberdayaan komunitas. Salah satunya adalah model yang dilakukan dengan cara menyediakan jawaban terbaik terhadap satu persoalan, model ini juga memberi rekomendasi tindakan- tindakan yang perlu diambil. Model evaluasi ini dinamakan... .
  5. Kegiatan yang wajib harus dilakukan dalam evaluasi pemberdayaan komunitas adalah... .
  6. Mengapa laporan diperlukan dalam kegiatan evaluasi pemberdayaan? Jelaskan menurut pemahaman Anda!
  7. Tulislah spesifikasi penulisan laporan kegiatan evaluasi yang baik dan benar!
  8. Buatlah sistematika laporan kegiatan evaluasi pemberdayaan sederhana menurut pemahaman Anda!
  9. Tulislah contoh penulisan daftar pustaka yang baik dan benar!

Kunci Jawaban

1. Suatu tindakan pengambilan keputusan untuk menilai suatu objek, keadaan, peristiwa, atau kegiatan tertentu yang sedang diamati disebut Evaluasi. Evaluasi merupakan kegiatan yang dilakukan berkenaan dengan proses untuk menentukan nilai dari suatu hal.

2. Proses pengumpulan informasi (data dan fakta) dan pengambilan keputusan- keputusan yang terjadi selama proses pelaksanaan program adalah bentuk dari Evaluasi program.

Evaluasi program merupakan suatu prosedur ilmiah yang sistematis yang dilakukan untuk mengukur hasil program atau proyek (efektifitas suatu program) sesuai dengan tujuan yang direncanakan atau tidak, dengan cara mengumpulkan, menganalisis dan mengkaji pelaksanaan program yang dilakukan secara objektif

3. Hasil akhir berupa peningkatan produktivitas, kemampuan, dan kesejahteraan masyarakat penerima manfaat, sementara hasil langsung berupa Perubahan perilaku.

Setelah dilakukan program pemberdayaan komunitas, akan ada perubahan perilaku sebuah komunitas dari sebelum dan sesudah adanya program tersebut.

4. Model normatif
Model ini menyediakan jawaban terbaik terhadap satu persoalan. Model ini memberi rekomendasi tindakan-tindakan yang perlu diambil

5. Kegiatan yang wajib harus dilakukan dalam evaluasi pemberdayaan komunitas adalah Observasi.

Observasi membandingkan hasil program dan penilaian. Setiap program pemberdayaan selalu ada pengendali berupa observasi, supaya mampu diketahui program apa saja yang tepat untuk diterapkan pada sebuah komunitas. Membandingkan hasil program bermanfaat untuk mengetahui keefektifan program yang telah dilaksanakan dengan program lain sebelumnya dan akhirnya mampu dianalisis penilaian program mana yang lebih tepat sasaran

6. Laporan diperlukan dalam kegiatan evaluasi pemberdayaan karena bermanfaat untuk menanggulangi terjadinya permasalahan pada pemberdayaan komunitas. Hasil evaluasi mampu dijadikan acuan dalam mengambil langkah-langkah perbaikan mengatasi ketimpangan sosial dalam masyarakat

7. Spesifikasi penulisan laporan kegiatan evaluasi yang baik dan benar adalah Dalam menulis laporan evaluasi ada beberapa teknik yang perlu diperhatikan, diantaranya bahasa, notasi ilmiah, penulisan daftar pustaka, dan tata letak penulisan.

8. Sistematika laporan kegiatan evaluasi pemberdayaan sederhana secara umum terdiri atas empat bagian, yaitu :
  • Bagian pendahuluan: berisi latar belakang, maksud dan tujuan, serta manfaat.
  • Bagian pelaksanaan: terdiri atas waktu dan tempat pelaksanaan evaluasi serta teknik evaluasi yang digunakan.
  • Bagian hasil dan dampak pelaksanaan kegiatan: berisi hasil deskripsi kegiatan, perkembangan pelaksanaan program, dan dampak kegiatan.
  • Bagian akhir kesimpulan dan saran.
9. Contoh penulisan daftar pustaka yang baik dan benar adalah sebagai berikut:
  • Nurcholis Madjid. 2019. Pluralitas Agama. Jakarta: Kompas
  • Sztomka, Piort. 2014. Sosiologi dan Perubahan Sosial. Jakarta:Predana