Soal dan Jawaban materi Strategi Pemasaran Langsung Produk Kerajinan Dengan Inspirasi Artefak/Obyek Budaya

Berikut adalah soal mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (Kerajinan) kelas X SMA materi Strategi Pemasaran Langsung Produk Kerajinan Dengan Inspirasi Artefak/Obyek Budaya lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay
  1. Jelaskan pengertian pemasaran!
  2. Jelaskan pengertian pemasaran langsung!
  3. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenis pemasaran langsung!
  4. Sebutkan manfaat pemasaran langsung!
  5. Jelaskan pengertian strategi pemasaran!
  6. Jelaskan konsep strategi pemasaran!
  7. Berikan contoh penerapan konsep segmentasi pasar!
  8. Berikan contoh penerapan konsep market positioning!

Kunci Jawaban

1. Pemasaran adalah suatu kegiatan menyeluruh, terpadu, dan terencana, yang dilakukan oleh sebuah organisasi atau institusi dalam melakukan usaha agar mampu mengakomodir permintaan pasar dengan cara menciptakan produk bernilai jual, menentukan harga, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan saling bertukar tawaran yang bernilai bagi konsumen, klien, mitra, dan masyarakat umum.

2. Pemasaran langsung adalah strategi pemasaran yang memungkinkan perusahaan berinteraksi langsung dengan konsumen menggunakan media apapun.

3. Berikut ini merupakan jenis-jenis pemasaran langsung:
  • Personal Selling, adalah proses memasarkan produk secara langsung bertatap muka dengan calon pembeli. Manajemen pemasaran biasanya akan menjajaki tempat-tempat tertarget dan pasar strategis terhadap produk.
  • Direct Mail Marketing, adalah jenis promosi produk usaha dengan cara memberikan berbagai penawaran menarik, pesan, informasi produk, brosur dan sejenisnya kepada seseorang / pasar yang berada di alamat tertentu.
  • Catalog marketing, adalah jenis pemasaran dengan cara mengirimkan katalog ke berbagai pasar dan target berbeda di tempat yang berlainan.
  • Telemarketing, adalah kegiatan memasarkan produk dengan memanfaatkan telepon atau komunikasi suara lainnya dalam mempromosikan produk.
  • Kios marketing adalah jenis pemasaran produk berbasis modern dan daring dengan meletakkan sebuah mesin penerima pesanan pelanggan pada toko- toko mereka.
4. Manfaat pemasaran langsung:
  • Calon pelanggan sudah tertarget
  • Anggaran pemasaran yang lebih efisien
  • Meningkatkan loyalitas pelanggan
  • Membantu mendorong bisnis baru
5. Strategi pemasaran adalah upaya memasarkan suatu produk, baik itu barang atau jasa, dengan menggunakan pola, rencana, dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi.

6. Konsep strategi pemasaran, yaitu:
  • Segmentasi Pasar
  • Market Positioning
  • Market Entry Strategy
  • Marketing Mix Strategy
  • Timing Strategy
7. Penerapan konsep segmentasi pasar: Proses pembagian pasar menjadi kelompok pembeli berbeda yang mempunyai kebutuhan, karakteristik, atau perilaku berbeda, yang mungkin memerlukan produk atau program pemasaran terpisah disebut segmentasi pasar. Setiap konsumen pasti memiliki kebutuhan dan kebiasaan yang berbeda. Perusahaan harus melakukan klasifikasi pasar yang sifatnya heterogen menjadi satuan-satuan pasar yang bersifat homogeny.

8. Penerapan konsep market positioning: Tidak ada perusahaan yang bisa menguasai seluruh pasar. Itulah alasannya mengapa perusahaan harus punya pola spesifik untuk mendapatkan posisi kuat dalam pasar, yaitu memilih segmen yang paling menguntungkan. Positioning berarti pengaturan suatu produk untuk menduduki tempat yang jelas, berbeda, dan diinginkan, relatif terhadap produk pesaing dalam pikiran konsumen sasaran.