Soal dan Jawaban materi Pemasaran Langsung Produk Awetan Dari Bahan Nabati

Berikut adalah soal mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (Pengelolaan) kelas X SMA materi Pemasaran Langsung Produk Awetan Dari Bahan Nabati lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay
  1. Sebutkan jenis-jenis pemasaran langsung!
  2. Apa yang dimaksud dengan persaingan?
  3. Apa yang dimaksud dengan strategi pemasaran?
  4. Apa yang dimaksud dengan perencanaan pemasaran?
  5. Jelaskan langkah penyusunan perencanaan usaha?
  6. Sebutkan jenis media pemasaran yang biasa digunakan dalam sebuah bisnis!

Kunci Jawaban

1. Jenis-jenis pemasaran langsung, antara lain:
  • Penjualan tatap muka langsung/personal selling
  • Pemasaran
  • Lewat email/direct mail marketing
  • Brosur/catalog marketing
  • Iklan TV/direct response television marketing
  • Kios/kios marketing
2. Persaingan adalah usaha dari dua pihak atau lebih perusahaan yang berusaha mendapatkan pesanan dengan menawarkan harga atau syarat yang paling menguntungkan.

3. Strategi pemasaran adalah upaya memasarkan suatu produk dengan menggunakan pola rencana dan taktik tertentu sehingga jumlah penjualan menjadi lebih tinggi.

4. Perencanaan pemasaran adalah bentuk dari proses manajemen yang mengarah pada strategi pemasaran dimana tujuan utamanya yaitu untuk mencapai tujuan pemasaran sehingga marketing plan dilakukan pada serangkaian proses yang sistematis dan melalui koordinasi untuk mendapatkan keputusan rencana pemasaran.

5. Langkah penyusunan perencanaan usaha, antara lain
a. Melakukan Analisis Situasi
Salah satu komponen utama dalam memulai penyusunan marketing plan adalah dengan analisis SWOT. Dengan adanya analisis SWOT maka manajer pemasaran perusahaan dapat membuat pemetaan bagaimana peluang dan permasalahan yang mungkin muncul di pasar serta apa kekuatan dan kelemahan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran.

b. Menetapkan Tujuan dan Sasaran
Setelah melakukan analisis SWOT, marketing plan dilanjutkan dengan menetapkan sasaran atau target pemasaran. Misalnya mengidentifikasi siapa saja yang membutuhkan produk tersebut dan kemana produk tersebut harus dipasarkan. Ketika sudah mengetahui ke arah mana pemasaran dilakukan, dapat dilakukan penyusunan strategi untuk mencapai target tersebut.

c. Menyusun Strategi dan Program
Strategi dan program dibuat berdasarkan tujuan atau sasaran yang telah ditentukan sebelumnya. Strategi ini merupakan tindakan jangka panjang dan dibuat sebagai rencana jangka panjang untuk mencapai tujuan organisasi. Selain itu, juga untuk mendukung strategi tersebut dibuat program atau tindakan jangka pendek secara berkesinambungan.

6. Jenis media pemasaran yang biasa digunakan dalam sebuah bisnis antara lain:
  • Media Pemasaran Konvensional
  • Blog dan publikasi online
  • Penerbitan
  • Speaking
  • Social Media