Soal dan Jawaban materi Renang Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan

Berikut adalah soal mata pelajaran PJOK kelas X SMA materi Renang Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay
  1. Bagaimanakah gerakan lengan yang benar pada renang gaya bebas ?
  2. Bagaimanakah gerakan kaki yang benar pada renang gaya bebas?
  3. Bagaimanakah gerakan pernafasan pada renang gaya bebas?
  4. Bagaimanakah gerakan koordinasi pada gerakan renang gaya bebas?

Kunci Jawaban

1. Gerakan tangan gaya bebas dibagi menjadi 3 tahap yaitu :
  • Gerakan menarik (pull) Dari posisi lurus ke depan, lengan ditarik silang di bawah dada dengan siku dibengkokkan.
  • mendorong (push) Setelah siku mencapai bidang vertical bahu, dilanjutkan dengan mendorong sampai lengan lurus ke belakang.
  • (Recovery) Setelah gerakan mendorong selesai dan tangan lurus ke belakang dilanjutkan dengan mengangkat siku keluar dari air diikuti lengan bawah dan jari – jari secara rileks digeser ke depan permukaan air kemudian jari
  • Jari dimasukkan ke dalam air

2. Gerakan kaki pada renang memberi dorongan ke depan  mengatur keseimbangan tubuh. Adapun cara melakukan gerakan kaki pada renang gaya bebas adalah :
  • Gerakan kaki dimulai dari pangkal paha sampai dengan ujung jari
  • Pada waktu gerakan kaki ke bawah harus disertai cambukan dari pergelangan kaki.
  • Gerakan kaki ke atas dilakukan lemas (rilek) jangan sampai keluar dari permukaan air.
  • Gerakan kaki ke atas dan ke bawah dilakukan secara bergantian

3. Gerakan pernafasan pada renang gaya bebas dilakukan dengan memutar kepala ke salah satu sisi hingga mulut keluar dari permukaan air. Gerakan memutar kepala disesuaikan dengan posisi badan yang miring. Gerakan pernafasan pada renang gaya bebas dilakukan ketika tangan mengayun ke depan atas.

4. Teknik koordinasi merupakan pada gerakan renang gaya bebas, dimulai dengan melakukan luncuran atau meluncur, kemudian menggerakkan lengan dan tungkai. Gerakan lengan dan tungkai dilakukan berirama sesuai dengan keinginan perenang. Pada gerakan pernapasan harus menyesuaikan dengan gerakan lengan. Teknik sesuai dengan cara bernapas yang telah dilatihkan. Pada gerakan koordinasi, antara gerakan lengan, gerakan tungkai, dan dan pernapasan dilakukan dengan serasi.