Soal dan Jawaban materi Permainan Bola Voli Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan

Berikut adalah soal mata pelajaran PJOK kelas X SMA materi Permainan Bola Voli Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay
  1. Sebutkan keterampilan gerak teknik dasar permainan bola voli.
  2. Apakah yang dimaksud dengan servis dalam permainan bola voli ?
  3. Jelaskan cara melakukan gerakan passing atas dalam permainan bola voli.
  4. Mengapa dalam melakukan passing bawah perkenaan bola sebaiknya antara pergelangan tangan sampai siku ?
  5. Jelaskan kesalahan-kesalahan yang sering terjadi saat melakukan teknik dasar pass bawah dalam permainan bola voli.

Kunci Jawaban
  1. Teknik servis, passing , smash , block.
  2. Servis adalah jenis pukulan seorang pemain untuk memulai permainan. Servis merupakan serangan pertama kepada tim bertahan untuk mematikan atau membongkar pertahanan.
  3. Cara melakukan gerakan passing atas dalam permainan bola voli : Berdiri menghadap arah datangnya bola, lutut sedikit ditekuk, berat badan bertumpu pada kedua kaki, Tangan berada di atas depan kepala dengan posisi telapak tangan terbuka penuh, jari-jari saling berhadapan (misalnya ibu jari tangan kanan berhadapan dengan ibu jari tangan kiri), Saat bola datang, tarik lengan searah datangnya bola. Kemudian dorong bola ke atas atau ke arah yang akan dituju dengan menggunakan jari-jari dibantu lecutan pergelangan tangan hingga kedua lengan lurus, Perkenaan bola yakni di ujung-ujung jari tangan.
  4. Agar jalannya bola lebih terarah dan terkontrol.
  5. Kesalahan-kesalahan yang sering terjadi saat melakukan teknik dasar pass bawah dalam permainan bola voli: Ketika menerima bola lengan terlalu tinggi, kemudian lanjutan lengan berada di atas bahu, Tubuh terlalu rendah karena pinggang ditekuk sehingga operan terlalu rendah dan kencang. Seharusnya yang ditekuk adalah lutut, Lengan terpisah sesaat, sebelum, pada saat, atau sesaat sesudah menerima bola, Bola mendarat di lengan daerah siku.

Komentar