Soal dan Jawaban materi Perkembangan Kehidupan Politik Dan Ekonomi Bangsa Indonesia Pada Masa Awal

Berikut adalah soal mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas XII SMA materi Perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa indonesia pada masa awal lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay
  1. Sebutkan pengertian Reformasi
  2. Sebutkan beberapa kebijakan yang dilakukan oleh pemerintahan B.J. Habibie untuk memperbaiki perekonomian Indonesia!
  3. Deskripsikan reformasi dalam tubuh ABRI pada masa reformasi!
  4. Sebutkan beberapa ketetapan baru pada Sidang Istimewa MPR tahun 1998!
  5. Sebutkan sepuluh besar partai pemenang pemilu tahun 2004!

Kunci Jawaban
1.  Secara umum, pengertian reformasi ialah suatu proses perubahan atau juga pembentukan kembali suatu tatanan (bentuk/susunan) kehidupan yang lama, diganti dengan tatanan (bentuk/susunan) kehidupan yang baru.

Ada juga pendapat lain yang mengatakan bahwa arti reformasi ini merupakan proses pembentukan atau juga perubahan sistem yang telah/sudah ada pada sebuah masa diganti dengan yang baru. Perubahan serta juga perbaikan tersebut utamanya itu dilakukan pada beberapa bidang diantaranya bidang politik, ekonomi, sosial, hukum, serta juga pendidikan.

Sedangkan didalam KBBI, pengertian reformasi merupakan suatu perubahan yang terjadi dengan secara drastis yang mana tujuannya itu ialah untuk perbaikan pada bidang sosial, politik, agama, serta ekonomi, didalam suatu masyarakat atau
juga negara.

2.  Beberapa kebijakan yang dilakukan oleh pemerintahan B.J. Habibie untuk memperbaiki perekonomian Indonesia di antaranya
a. melaksanakan reformasi ekonomi seperti yang diisyaratkan oleh IMF;
b. merekonstruksi perekonomian Indonesia;
c. merekapitulasi perbankan dan melikuidasi beberapa bank yang bermasalah;
d. menaikkan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS hingga di bawah Rp10.000,00.

3.  Pada masa reformasi, ABRI mulai menarik diri dari berbagai posisi sipil. Peran dan jumlah perwakilan ABRI di DPR mulai dikurangi secara bertahap hingga akhirnya keluar dari keanggotaan DPR. Mulai tanggal 5 Mei 1999, Polri memisahkan diri dari ABRI dan kemudian berganti nama menjadi Kepolisian Negara. Dengan demikian, ABRI menjadi terdiri atas Angkatan Udara, Angkatan Darat, dan Angkatan Laut. Istilah ABRI pun diubah menjadi Tentara Nasional
Indonesia (TNI).

4.  Ketetapan baru pada Sidang Istimewa MPR tahun 1998 adalah sebagai berikut:
  • Tap MPR No. X/MPR/1998 tentang Pokok-Pokok Reformasi Pembangunan dalam Rangka Penyelamatan dan Normalisasi Kehidupan Nasional sebagai Haluan Negara.
  • Tap MPR No. XI/MPR/1998 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas KKN.
  • Tap MPR No. XIII/MPR/1998 tentang Pembatasan masa Jabatan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.
  • Tap MPR No. XV/MPR/1998 tentang Penyelenggaraan Otonomi Daerah; Pengaturan, Pembagian, dan Pemanfaatan Sumber Daya Nasional yang Berkeadilan serta Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah dalam Kerangka NKRI.
  • Tap MPR No. XVI/MPR/1998 tentang Politik Ekonomi dalam Rangka Demokrasi Ekonomi.
  • Tap MPR No. XVII/MPR/1998 tentang Hak Asasi Manusia (HAM).
5.  Sepuluh besar pemenang pemilu 2004, yaitu Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Bintang Reformasi (PBR), dan Partai Damai Sejahtera (PDS).