Soal dan Jawaban materi Organisasi Regional Dan Global - Sejarah kelas XII SMA

Berikut adalah soal mata pelajaran sejarah kelas XII SMA materi Organisasi Regional Dan Global lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay

  1. Jelaskan latar belakang terbentuknya organisasi NATO dan SEATO!
  2. Sebutkan negara-negara anggota: Pakta Warsawa dan CENTO!
  3. Sebutkan negara-negara anggota: ANZUS dan SAARC!
  4. Jelaskan tujuan dibentuknya: OPEC dan APEC!
  5. Jelaskan tujuan dibentuknya: MEE dan GATT!


Kunci Jawaban

1.  Pembentukan NATO dilatarbelakangi oleh keinginan mempertahankan dominasi Amerika Serikat dan sekutunya terhadap Uni Soviet.

Latar belakang berdirinya SEATO adalah upaya membendung paham komunis di kawasan Asia Tenggara.

2.  Anggota Pakta Warsawa:
Bulgaria, Cekoslovakia, Jerman Timur, Hongaria, Polandia, Rumania, dan Uni Soviet.
Anggota CENTO: Turki, Irak, dan Amerika Serikat.

3.  Anggota ANZUS:
Australia, Selandia baru, Amerika Serikat. Anggota SAARC: Bangladesh, Afganistan, Bhutan, India, Maladewa, Nepal, Pakistan, dan Sri Lanka.

4.  Tujuan OPEC:
OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries atau Organisasi Negara- negara Pengekspor Minyak Bumi) adalah organisasi yang bertujuan menegosiasikan masalah-masalah mengenai produksi, harga dan hak konsesi minyak bumi dengan perusahaan-perusahaan minyak.

Tujuan APEC:
  • Perubahan konstelasi politik dunia, seperti munculnya kelompok-kelompok perdagangan yang bersifat tertutup dan membedakan kedudukan negara-negara Asia Pasifik dalam perdagangan dan investasi.
  • Dinamika proses globalisasi yang menuntut negara-negara di kawasan Asia- Pasifik melakukan penyesuaian melalui perubahan struktur ekonomi.
  • Kekhawatiran gagalnya Putaran Uruguay, yang menimbulkan ketidakpastian perekonomian dunia.
5.  Tujuan MEE:
Merupakan kerjasama regional yang anggota-anggotanya meliputi negara-negara di kawasan Eropa Barat. Dasar hukum berdirinya MEE adalah Perjanjian Roma, 25 Maret 1957, dengan tujuan menyelaraskan gerak kegiatan ekonomi, pengembangan yang mantap dan seimbang, stabilitas ekonomi yang lebih mantap, dan perbaikan taraf hidup masyarakat (Eropa).

Tujuan GATT:
General Agreement on Tariffs and Trade, GATT atau Perjanjian Umum Tarif dan Perdagangan adalah perjanjian multilateral yang mengatur perdagangan internasional. Berdasarkan mukadimahnya, tujuan GATT adalah pengurangan substansial atas tarif dan hambatan perdagangan lainnya dan penghapusan preferensi, berdasarkan asas timbal balik dan saling menguntungkan. Perjanjian ini dinegosiasikan selama Konferensi Perdagangan dan Ketenagakerjaan Perserikatan Bangsa-Bangsa.