Soal dan Jawaban materi Kehidupan Manusia Dalam Perubahan Berkelanjutan - Sejarah Kelas X SMA

Berikut adalah soal mata pelajaran sejarah kelas X SMA materi Kehidupan Manusia Dalam Perubahan Berkelanjutan lengkap dengan kunci jawaban.

I. Soal Pilihan Ganda

1.  Salah satu faktor internal penyebab perubahan dalam kajian sejarah adalah revolusi dalam masyarakat. Salah satu dampak revolusi dalam masyarakat. Salah satu dampak revolusi dalam kehidupan sosial masyarakat yang terjadi pasca Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah …
A.  Banyak negara di dunia mendukung perjuangan Indonesia membebaskan diri dari penjajahan Belanda.
B.  Pembagian kelas sosial di Indonesia yang diterapkan sejak masa kolonial Belanda dihapuskan.
C.  Indonesia diakui sebagai negara yang merdeka dan berdaulat oleh dunia internasional.
D.  Rakyat Indonesian dan masyarakat Belanda memiliki kedudukan sosial yang sama.
E.  Rakyat Indonesia menegaskan bahwa Jepang tidak lagi menduduki Indonesia.

2.  Peristiwa sejarah merupakan suatu proses perubahan dan berkesinambungan yang terjadi dalam kehidupan manusia di masa lampau. Perubahan dan kesinambungan tersebut selaras dengan perjalanan waktu. Hal ini menunjukkan bahwa peristiwa sejarah itu ....
A.  hubungan antara pelaku dan penulis sejarah
B.  tidak memiliki hubungan dengan masa kini
C.  terdapat keterkaitan dengan peristiwa lainnya
D.  tergantung siapa yang menjadi penulisnya
E.  tergantung siapa yang menjadi pelakunya

3.  Dalam perjalanan hidup manusia selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Perubahan bisa disebabkan oleh berbagai macam peristiwa. Perubahan yang berlangsung secara lambat disebu…
A.  Evolusi
B.  Revolusi
C.  Ekologi
D.  Rekonstruksi
E.  Reformasi

4.  Perhatikan pernyataan berikut !
(1)  sifat masyarakat tradisional
(2)  kebudayaan
(3)  Penemuan-penemua baru
(4)  perubahan lingkungan fisik
(5)  Perubahan Penduduk

dari pernyataan di atas faktor intern yang menjadi penyebab perubahan dalam masyarakat adalah….
A.  (1) dan (2)
B.  (1) dan (3)
C.  (2) dan (4)
D.  (3) dan (5)
E.  (4) dan (5)

5.  Menjelang Presiden Soekarno jatuh dari kekuasaannya pada tahun 1960-an banyak terjadi aksi dan demonstrasi, khususnya yang dilakukan oleh para mahasiswa. Demikian halnya menjelang Presiden Soeharto jatuh dari kekuasaannya pada 1998, juga banyak terjadi aksi dan demonstrasi. Peristiwa tersebut dalam kehidupan manusia termasuk dalam perubahan sebagai …
A.  Perkembangan
B.  Kesinambungan
C.  Keberlanjutan
D.  Perubahan
E.  Pengulangan

II. Soal essay
  1. Berkaitan dengan perubahan dalam kehidupan manusia dalam perubahan berkelanjutan, ada dua jenis perubahan yaitu evolusi dan revolusi. jelaskan yang dimaksud evolusi dan revolusi dalam sejarah!
  2. Perubahan dalam kehidupan manusia juga ditentukan oleh beberapa faktor, yakni intern dan ektern yang bersumber dalam masyarakat itu sendiri yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial, jelaskan faktor intern penyebab terjadinya perubahan social dalam kehidupan manusia !
  3. Penemuan baru yang menyebabkan perubahan pada masyarakat meliputi proses discovery, invention, dan inovasi. Jelaskan proses invention dalam masyarakat !
  4. Sehubungan dengan konsep waktu, dalam ilmu sejarah menurut Kuntowijoyo mencakup empat unsur yakni perkembangan, keberlanjutan/kesinambungan, pengulangan dan perubahan. Jelaskan konsep waktu dalam perkembangan !
  5. Menurut Roeslan Abdul Gani menyatakan ilmu sejarah dapat diibaratkan sebagai penglihatan terhadap tiga dimensi, yaitu penglihatan ke masa silam, masa sekarang, dan masa depan. Jelaskan maksud penyataan diatas !
  6. Perubahan yang terjadi dalam masyarakat terbagi menjadi beberapa faktor yakni, perkembangan, berkelanjutan, pengulangan dan perubahan, jelaskan makna perubahan secara perkembangan dalam sejarah !

Kunci Jawaban dan Pembahasan Pilihan Ganda:
  1. B
  2. C
  3. A
  4. D
  5. E
Pembahasan:
  1. Setelah peristiwa Proklamasi Kemerdekaan, terjadi revolusi dalam kehidupan sosial masyarakat Indonesia. Dampak revolusi tersebut adalah penghapusan kelas-kelas sosial yang terbentuk sejak masa kolonial Belanda
  2. Kehidupan manusia sekarang merupakan mata rantai yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia generasi sebelumnya ke generasi yang akan datang. Oleh karena itu setiap peristiwa yang terjadi tidaklah berdiri sendiri, tetapi merupakan keterkaitan antara peristiwa satu dan lainnya. Sebaliknya, setiap peristiwa yang terjadi karena ada peristiwa yang mendahuluinya.
  3. Perubahan dapat dikatakan sebagai gejala yang biasa terjadi dalam kehidupan manusia cepat atau lambat. Manusia atau masyarakat akan mengalami perubahan seiring dengan perjalannan waktu. Kehidupan manusia tidak statis, mulai dari lahir sampai tumbuh.
  4. Perubahan kehidupan manusia dalam konsep keberlanjutan berkaitan dengan perkembangan yang menjadi perwujudan dari proses perkembangan aspek kehidupan masyarakat yang disebabkan oleh adanya penemuan baru, perubahan penduduk , konflik dalam masyarakat dan pemberontakan dalam masyarakat ( revolusi).
  5. konsep perubahan dalam ilmu sejarah meliputi perkembangan, keberlanjutan/kesinambungan, pengulangan dan perubahan. Keberlanjutan/ kesinambungan dalam sejarah artinya dalam mempelajari sejarah, kita harus menyadari bahwa rangkaian sejarah sejak adanya manusia sampai sekarang adalah peristiwa-peristiwa berkelanjutan. Dalam perkembangan apabila kehidupan masyarakat terjadi gerak secara berturut- turut dari bentuk yang satu ke bentuk yang lain. Sedangkan sebagai pengulangan apabila peristiwa yang pernah terjadi di masa lampau terjadi lagi pada masa berikutnya

Kunci Jawaban Essay
  1. Evolusi adalah perubahan-perubahan yang memerlukan waktu lama dan rentetan-rentetan perubahan kecil yang saling mengikuti dengan lambat sedangkan Revolusi adalah perubahan-perubahan social dan kebudayaan yang berlangsung dengan cepat dan menyangkut dasar-dasar pokok kehidupan masyarakat.
  2. Perubahan penduduk berarti bertambah atau berkurangnya penduduk dalam suatu masyarakat, Penemuan baru yang meliputi proses discovery, invention, dan inovasi. Konflik dalam masyarakat serta adanya Pemberontakan (Revolusi) dalam kehidupan Masyarakat.
  3. Invention, yaitu bentuk pengembangan dari suatu discovery, sehingga penemuan baru itu mendapatkan bentuk yang dapat diterapkan atau difungsikan. Discovery baru menjadi invention apabila masyarakat sudah mengakui, menerima, serta menerapkan penemuan baru ini dalam kehidupan nyata di masyarakat.
  4. Disebut mengalami perkembangan apabila dalam kehidupan masyarakat terjadi gerak secara berturut-turut dari bentuk yang satu ke bentuk yang lain. Perkembangan terjadi biasanya dari bentuk yang sederhana ke bentuk yang kompleks.
  5. Kehidupan manusia sekarang merupakan mata rantai yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia generasi sebelumnya ke generasi yang akan datang. Oleh karena itu setiap peristiwa yang terjadi tidaklah berdiri sendiri, tetapi merupakan keterkaitan antara peristiwa satu dan lainnya. Sebaliknya, setiap peristiwa yang terjadi karena ada peristiwa yang mendahuluinya
  6. Perkembangan masyarakat dapat terjadi ditengahnya apabila kelakuan masyarakat bergerak dengan mengubah perilaku dari satu bentuk ke bentuk yang lainnya. Sebuah perubahan dalam masyarakat akan menjadi masyarakat yang berkembang saat bentuk perilaku manusia dari bentuk yang sederhana dan bentuk yang komplek.