Soal dan Jawaban materi Bumi Sebagai Ruang Kehidupan - Geografi X SMA

Berikut adalah soal mata pelajaran Geografi kelas X SMA materi Bumi Sebagai Ruang Kehidupan lengkap dengan kunci jawaban.

Soal Essay
  1. Bagaimana teori perkembangan tata surya menurut Laplace?
  2. Jelaskan persamaan teori planetasimal dengan teori pasang surut gas?
  3. Apa yang kalian ketahui tentang pangea?
  4. Jelaskan proses pembentukan permukaan bumi menurut teori apungan benua?
  5. Apa dampak dari gerak divergen dalam kehidupan?
  6. Apa perbedaan rotasi bumi dengan revolusi bumi?
  7. Mengapa rotasi bumi dapat mengakibatkan perbedaan arah angin?
  8. Salah satu dampak rotasi adalah perbedaan waktu di setiap wilayah. Jelaskan perbedaan dan zona waktu di Indonesia!
  9. Mengapa revolusi bumi mengakibatkan perbedaan musim?
  10. Sebutkan 2 contoh pengaruh pergantian musim bagi kehidupan!

Kunci Jawaban
1. Teori perkembangan tata surya menurut Laplace:
Di alam semesta terdapat gas yang berkumpul menjadi kabut nebula. Gaya tarik-menarik antargas membentuk kumpulan kabut yang sangat besar dan berputar semakin cepat. Proses perputaran ini mengakibatkan materi kabit di bagian khatulistiwa terlempar dan berpisah, kemudian memadat karena pendinginan.

2. Persamaan teori planetasimal dengan teori pasang surut gas adalah sama-sama menyatakan ada matahari dan ada bintang lain yang mendekati.

3. Pangea adalah sebuah benua raksasa yang ada dipermukaan bumi yang muncul sejak akhir zama paleozoikum hingga awal zaman mesozoikum.

4. Proses pembentukan permukaan bumi menurut teori apungan benua, yaitu:
Pada awalnya hanya terdapat satu benua yang sangat besar dimuka bumi yang disebut Pangea. Kemudian Pangea ini terpecah dan terus mengalami perubahan melalui pergerakan dasar laut. Gerakan sentripugal dari rotasi bumi menyebabkan pecahan-pecahan pangea tersebut bergerak ke arah barat menuju ekuator. Teori ini didukung dengan bukti-bukti bahwa terdapatnya kesamaan garis pantai, batuan dan fosil antara Afrika bagian barat dengan Amerika Selatan bagian timur.

5. Dampak dari gerak divergen dalam kehidupan adalah melebarnya dasar samudera sehingga menyebabkan jarak antara dua benua semakin jauh.

6. Perbedaan rotasi bumi dengan revolusi bumi:
Rotasi dan revolusi merupakan sama-sama perputaran bumi, perbedaannya adalah rotasi perputaran bumi pada poros atau sumbu bumi sedangkan revolusi perputaran bumi mengelilingi matahari, jangkauan waktu rotasi lebih sebentar dibandingkan jangkauan waktu revolusi.

7. Rotasi bumi dapat mengakibatkan perbedaan arah angin, karena sumbu bumi membentuk sudut 23,5O akhirnya menyebabkan arah perputaran bumi tidak tegak lurus terhadap matahari, hal ini berpengaruh pada gerak angin yang disebut efek coriolis dimana pada belahan bumi selatan berlawanan dengan jarum jam sedangkan di belahan bumi utara searah dengan jarum jam.

8. Dampak rotasi adalah perbedaan waktu di setiap wilayah. Berikut adalah Perbedaan waktu di Indonesia:
  • Waktu Indonesia bagian Barat ini salah satu pembagian waktu di Indonesia yang ada digaris 1-5 derajat bujur timur. Pemberdayaan waktu dengan wilayah zona bagian tengah selama satu jam. Dengan wilayah di bagian timur, perbedaan waktunya itu dua jam
  • WITA berada pada garis 120O BT. Pembagian waktu di wilayah ini sangat berbeda dengan pulau lainnya. Jika di wilayah lain pukul 10.00 WITA, di wilayah bagian barat pukul 09.00 WIB dan dibagian timur pukul 11.000 WIT.
  • Wilayah bagian Indonesia timur itu berada di garis sepanjang 135 derajat bujur timur Perbedaan waktu memiliki selisih dua jam untuk wilayah barat, sedangkan dengan wilayah tengah selisihnya satu jam.

9. Revolusi bumi mengakibatkan perbedaan musim, karena Pada saat bumi berevolusi, sumbu bumi tidak tegak lurus terhadap bidang ekliptika, tetapi condong ke 66,5°, hal ini mengakibatkan posisi bumi terhadap matahari mengalami perbedaan. Pada 23 September sampai dengan 21 Maret kedudukan matahari berada di belahan bumi selatan dan kedudukan bumi posisinya lebih dekat ke matahari.

Sehingga menyebabkan di belahan bumi bagian selatan mengalami musim panas dan siang hari lebih lama daripada malam hari. Sedangkan, pada tanggal yang sama di belahan bumi bagian utara, seolah-olah berada pada posisi jauh dari matahari sehingga dengan sendirinya di utara mengalami musim dingin dan malam hari lebih panjang daripada siang hari.

10. Contoh pengaruh pergantian musim bagi kehidupan, antara lain:
  • Membantu aktivitas petani dalam menentukan masa tanam.
  • Mempengaruhi budaya berpakaian dan arsitek rumah