Cara Mengkritik Pemerintahan Jokowi Yang Baik dan Benar Tanpa di Tangkap Polisi

Sebagaimana kita ketahui bahwa kritik merupakan bunga-bunga yang mengharumkan demokrasi. Karena pemerintah dibangun dengan demokrasi, maka kritik harus menjadi sumber makanan bagi Pemerintah agar tidak menyimpang dari jalan kebenaran.

Sekalipun pemerintah punya segala sumber daya dan kuasa, pemerintah tidak boleh mempersempit, membangun perangkap untuk membungkam orang-orang yang suka mengkritik kinerja pemerintah.

Kritik memang terkadang terasa asin, pedas dan pahit, namun itu sangat diperlukan oleh Pemerintah. Jika negara merasa kesempatan rakyat mengkritik pemerintah mulai tertutup, maka pemerintah harus mendorong masyarakat untuk mau dan lebih aktif menyampaikan kritik. Karena negara tidak mau dilayani oleh pemerintahan yang otoriter.

Kita percaya, bahwa Pemerintahan Jokowi sangat senang dikritik dan mau dikritik. Oleh sebab itu, anda boleh leluasa mengkritik pemerintah dengan mematuhi rambu-rambunya.

Beberapa orang ada yang sudah ditangkap dan masuk penjara karena mengkritik pemerintah dengan cara yang salah.

Anda ingin menyampaikan kritik kepada Pemerintahan Jokowi? Harap perhatikan cara menyampaikan kritik yang baik dan benar. Dalam menyampaikan kritik jangan sampai melanggar pasal-pasal pidana, nanti kamu bisa di tangkap polisi.

Berikut ini adalah cara mengkritik kinerja pemerintahan jokowi yang baik dan benar melalui media sosial tanpa di tangkap polisi atau di penjara.
  1. Anda dapat menuliskan atau mengunggah video kritikan di akun media sosial Anda seperti di Facebook, Twitter atau Youtube. Selain itu, anda juga dapat menyampaikan kritik langsung ke akun media sosial Presiden seperti Facebook Presiden Jokowi.
  2. Sampaikan kritik jika memang itu benar-benar kritik
  3. Sampaikanlah kritik dengan disertai solusi atau saran. Jangan hanya kritik. Itulah sebabnya, sebelum anda memberi kritik sebaiknya anda sudah memahami permasalahan yang akan anda kritik sehingga anda dapat memberi solusi.
  4. Jangan memuat kata-kata, video, meme, gambar yang mengandung unsur hinaan
  5. Pastikan isi kritik tidak berisi hasutan
  6. Isi kritikan tidak memuat tulisan, kata-kata, gambar, video, dan meme yang mengandung pencemaran nama baik
  7. Isi kritikan tidak mengandung unsur tindakan tercela lainnya.
  8. Menyampaikan kritik kepada Presiden jangan memuat unsur pengancaman
Itulah cara mengkritik kinerja pemerintahan Jokowi yang baik dan benar melalui media sosial tanpa di tangkap polisi atau di penjara.

Ingatlah, ketika anda menyampaikan kritik atas kinerja pemerintahan Jokowi misalnya lewat media sosial bersiaplah menerima konsekuensi yang mungkin terjadi. Sekalipun kita merasa kritikan kita itu positif, baik, santun dan benar bisa saja netijen malah menyerang balik bahkan membully Anda. Lebih parah lagi kalau sampai kritikan mu itu menjadi trending, viral di media sosial dan masuk TV.

Sadarlah, kritikan yang anda sampaikan itu mungkin teracuhkan, terabaikan, atau bisa jadi mendapat respon baik dari Pemerintah.