Apa penyebab api kompor gas mengecil?

Kompor gas seharusnya tidak mengeluarkan api yang kecil. Apabila kompor gas anda mengalami masalah seperti ini, maka ada beberapa kemungkinan yang memicu api kompor kecil.

Berikut ini adalah penyebab api kompor gas mengecil yang perlu anda ketahui.

1. Karburator yang rusak
Penyebab api mengecil bisa terjadi karena masalah pada karburator. Jika karburator ini rusak, maka api yang dialirkan dari tabung ke kompor gas menjadi terhambat. Jika karburator ini mengalami kerusakan, silahkan bawa ke tempat service untuk diperiksa dan diperbaiki.

2. Selang gas tersumbat
Penyebab api mengecil yang sering muncul adalah karena pada bagian selang terdapat benda debu, kotoran atau kerak yang menyebabkan aliran gas dari tabung ke corong menjadi terhambat. Solusinya adalah pastikan bahwa selang dalam kondisi baik. Anda dapat membawanya ke tukang service kompor gas untuk diperiksa dan diperbaiki.

3. Pemantik api rusak
Pemantik api ini adalah bagian yang diputar untuk menyalakan kompor gas. Jika pemantik api ini longgar, dapat menyebabkan api gas mengecil. Jika ini yang rusak, segera bawa ke tukang service untuk diperbaiki.

4. Corong tersumbat kerak
Agar corong terhindar dari kotoran seperti kerak, rajinlah membersihkan kompor gas anda. Menjaga kebersihan kompor akan menghindari corong tersumbat oleh kerak.

Artikel Terbaru