Daging Gondit Menjadi Alternatif Ketika Babi Kampung Langka dan Mahal

Daging gondit atau daging Aili adalah daging Babi hutan atau celeng. Orang kita medan sering bilang gondit, dibaca goddit. Orang jakarta bilang Celeng. Dalam bahasa indonesia dikenal dengan babi hutan. Yang memang asal dading ini berasal dari babi hutan yang tinggal di perhutanan.

Daging gondit bisa menjadi alternatif tatkala babi kampung sedang langka. Ya, akhir-akhir ini daging babi kampung atau babi biasa sudah jarang dijual. Kalaupun ada yang menjual harganya sangat mahal. Sebelum babi kampung ini langka, biasanya harga 1 kilo 50ribu. Sekarang harga babi kampung bisa mencapai 130ribu/kilo.

Yang terbiasa mengkonsumsi daging babi biasa atau babi kampung sekarang bisa dikatakan gigit jari. Lantaran susah menemui orang yang menjual daging kampung dan harganya pun mahal.

Sebenarnya bagi anda pecinta daging babi kampung, tak ada salahnya Anda mencoba beralih ke gondit. Babi hutan atau gondit dengan babi kampung sama-sama jenis hewan yang sama yaitu sama-sama babi. Bedanya babi kampung dirawat oleh peternak babi, sementara babi hutan adalah babi yang hidup berkeliaran di hutan-hutan.

Menurut saya, citra rasa daging gondit tidak kalah enak dibanding dengan daging babi biasa. Bahkan, daging gondit jauh lebih enak dan lebih manis daripada babi kampung. Lemak pada babi kampung lebih tebal daripada babi hutan.

Tak dipungkiri daging gondit lebih enak dan manis dari pada babi kampung lantaran babi hutan makan makanan yang menghasilkan gizi dari makanan yang tidak tercampur oleh zat-zat kimia. Babi hutan mencari makanan yang bersumber dari hutan.

Jadi, bagi anda yang ingin mengkonsumsi daging gondit anda dapat membelinya di Selambo, dekat amplas, Medan. Silahkan anda cek lokasinya. Sesampainya anda diselambo, tanyakan pada warga sekitar mana disini yang menjual gondit.

Menurut pantuan saya, ada 2 penjual daging gondit yang bisa ditemui diselambo. Mereka buka setiap hari mulai pagi hari. Namun, terkadang mereka juga tidak buka mungkin karena pasokan daging tidak tersedia. Harga 1 kilo daging gondit dijual seharga 25ribu.

Jadi, jika anda ingin menikmati daging gondit, anda boleh membelinya di sekitaran selambo, medan amplas.