Cara Mudah Menidurkan Bayi Usia 1 Bulan ke Atas

Orang tua mungkin capek dan lelah jika bayi pingin tidur tapi susah untuk tidur. Apabila bayi anda tidak dapat langsung tidur walaupun sebenarnya sudah mengantuk minta tidur itu pertanda ada suatu masalah. Contohnya cara ibu tidak tepat dalam menidurkannya. Atau bisa jadi sibayi mungkin merasa kurang nyaman.

Nah, bagi orang tua yang mengalami masalah kesulitan dalam menidurkan bayi. Berikut ini saya uraikan cara menidurkan bayi agar cepat tidurnya. Tips ini bisa anda terapkan ketika bayi anda susah tidur. Cocok untuk umur 1 bulan ke atas.

Jika bayi anda terbiasa digendong dulu baru tidur, maka gendonglah pelan-pelan bayi anda ketika sudah mengantuk. Anda dapat menggendong bayi anda seusai dengan posisi yang dia nyaman.

Gunakanlah pakaian bayi yang nyaman baginya. Pakailah popok yang mudah menyerap cairan, tujuannya agar si bayi tidak terganggu tidurnya ketika buang air kecil.

Apabila bayi anda baru bisa tidur ketika harus diayunkan di ayunan, maka anda dapat mengayunkan bayi anda ketika minta tidur.

Atur suhu ruangan. Karena kalau suhu ruangan panas dan gerah itu akan membuat bayi susah tidur. Jika anda memiliki AC dirumah, hidupkan AC dengan suhu yang kisaran 24-27 celcius.

Bilamana bayi anda cepat tidur kalau didorong stroller bayi, maka taruhlah bayi anda di stroller bayi anda lalu dorong pelan-pelan.

Pastikan bayi anda tidak lapar. Oleh sebab itu usahakan bayi anda sudah minum ASI/SUSU atau sudah makan mpasi sebelum tidur. Karena kalau bayi anda lapar, maka sibayi mungkin akan sulit diajak tidur.

Jika bayi anda sudah terbiasa tidur langsung ditempat tidur tanpa harus digendong, diayun atau di dorong pakai stroller maka tidurkanlah bayi anda ditempat tidurnya dengan posisi tidur yang dia mau, misalnya tidur telentang, miring atau telungkup.

Bagaimana dengan ngempeng?? Ya, jika bayi anda terbiasa cepat tidur kalau pakai empeng, maka berikan empeng sama dia. Empeng ternyata bisa juga membuat sibayi anda cepat tidur. Jika bayi sudah tertidur, anda boleh menarik empeng itu dari mulutnya.

Jika bayi anda terbiasa tidur dengan selimut kesayangannya, maka ketika dia mengantuk berikan selimutnya padanya. Biarkan dia terlelap dengan selimut kesayangannya.

Terakhir, anda bisa memutar lagu atau musik sebagai pengantar tidur bayi anda. Apabila bayi anda terbiasa ditidurkan dengan menyanyikan lagu anda boleh menidurkan bayi anda dengan menyanyikan lagu biasa dia dengarkan. 

Itulah cara gampang menidurkan bayi yang sudah tidur. Semoga bermanfaat.