Cara Mencari Siaran Digital di TV Biasa dan TV Digital DVB-T2

Perlu anda ketahui bahwa tanggal 2 November 2022, siaran TV analog tidak bisa ditonton lagi dan akan pindah ke siaran digital. Mau tidak mau, stasiun TV harus bermigrasi ke TV Digital.

Imbasnya, TV Analog atau TV Biasa keluaran lama seperti TV Tabung, TV Plasma, TV LCD dan LED TV yang belum tersemat sistem DVB-T2 tidak akan bisa menyaksikan siaran digital.

Lalu bisakah TV biasa bisa mendapatkan siaran digital? Jawabannya bisa, asalkan TV Tabung atau televisi biasa ditambah dekoder berupa Set Top Box untuk mengubah sinyal digital yang diterima antena menjadi sinyal analog yang ditampilkan di TV analog.

Bagi anda yang belum mengerti apa itu TV Analog dan apa itu TV  Digital saya akan menjelaskan disini kepada Anda. TV analog adalah TV yang memiliki sistem penyiaran satu kanal frekuensi digunakan untuk menyalurkan satu program siaran TV. Sedangkan TV Digital adalah sistem penyiaran satu kanal frekuensi mampu membawa hingga 12 program siaran standard definition (SDTV).

Lalu apa bedanya TV Digital dengan TV Parabola Digital? TV Digital ditandai dengan DVB-T2 dengan menggunakan antena tv biasa. Sedangkan TV Parabola Digital adalah ditandai dengan DVB-S2 menggunakan antena parabola yang menerima siaran melalui satelit, misalnya satelit INDOSTAR-2, satelit PALAPA D, satelit TELKOM 3S, satelit PSN VR-2, dan satelit BRIsat.

TV Digital dan TV Parabola Digital adalah sama-sama tv digital tetapi beda antena.

Oleh sebab itu agar anda tetap bisa menonton TV maka anda harus memiliki TV Digital DVB-T2 yang bisa otomatis menerima siaran digital tanpa Set Top Box. Atau tetap menggunakan tv biasa namun dengan menambah perangkat Set Top Box TV Digital.

Perlu anda ketahui bahwa saat ini sudah banyak beredar dipasaran TV Digital DVB-T2 yang bisa menerima siaran digital tanpa harus membeli Set Top Box karena didalam tv tersebut sudah tersemat tuner atau semacam alat penerima siaran digital.

Ada banyak merek LED TV keluaran terbaru yang bisa langsung menangkap siaran digital dengan harga 1 jutaan, misalnya LED TV LG, LED TV Samsung, LED TV Toshiba, LED TV Aqua, LED TV TCL dan lain sebagainya.

Begitu juga dengan Set Top Box DVB-T2. Sudah banyak beredar di pasaran alat Set Top Box DVB-T2 dengan harga murah mulai dari 200ribu-600ribu seperti misalnya Skybox, Ichiko DVB T2 8000HD, Crystal Set Top Box Decoder Receiver, Rinrei Dvb T2, Venus DVB-T2, AKARI ADS-210, Evinix, Xtreamer BIEN, ZTE ZXV10 B760H, Huawei EC6108V9, POLYTRON Mola TV PDB-M11 dan lain sebagainya

Bagi anda yang baru saja membeli TV Digital DVB-T2 atau membeli dekoder STB DVB-T2 namun belum mengetahui bagaimana cara mencari siaran tv digital, disini saya akan menjelaskan kepada Anda cara mencari siaran tv digital.

Cara mencari siaran tv digital yang saya uraikan ini terdiri dari 2 yaitu:

A. Cara mencari siaran digital di TV Digital DVB-T2
Bagi anda yang sudah memiliki TV Digital yang bisa otomatis menerima siaran digital berikut langkah-langkahnya:
  1. Siapkan antena tv biasa lalu pasang di luar ruangan. Usahakan pakai tiang yang tinggi agar kekuatan sinyal bagus.
  2. Lalu hubungkan kabel antena ke port antena yang berada di belakang TV
  3. Silahkan nyalakan TV Anda
  4. Pada remot, silahkan tekan tombol Menu
  5. Pilih Program > Pencarian Channel > Digital
  6. Tunggu beberapa saat hingga proses pencarian (scan) selesai

B. Cara mencari siaran digital di TV Biasa menggunakan alat tambahan Set Top Box (STB)
  1. Silahkan beli dulu Set Top Box (STB)
  2. Siapkan antena tv biasa lalu pasang di luar ruangan. Usahakan pakai tiang yang tinggi agar kekuatan sinyal bagus.
  3. Hubungkan kabel antena ke STB. Lalu hubungkan kabel RCA (atau HDMI) dari STB ke TV.
  4. Nyalalakan Televisi
  5. Pada remot TV, ubah mode TV ke AV
  6. Nyalakan STB. Tunggu hingga tampilan menu STB muncul di layar TV.
  7. Pada remot STB silahkan masuk ke Instalasi > Pencarian channel > Scan
  8. Tunggu beberapa saat hingga proses pencarian (scan) selesai
Tampilan menu pada setiap televisi dan STB mungkin berbeda tergantung merek tetapi pada dasarnya sangat mudah dimengerti.

Dari segi kualitas gambar dan suara, TV siaran digital jauh lebih jernih daripada siaran tv analog.

Demikianlah informasi tentang cara mencari siaran digital di tv biasa dan tv digital dvb-t2. Semoga bermanfaat.

Artikel Terbaru