Cara Agar Bayi Mau Makan MPASI yang Jarang Diketahui Orang

Bayi tidak mau makan kadang membuat hati papa dan mama resah. Ketika giliran papa yang ngasih makan bayi, kalau bayi gak mau makan terkadang membuat si ayah jadi panik dan terkadang bisa membuat kepala pusing dan sedikit stres.

Itulah sebabnya kalau bayi malas makan anda jangan emosi apalagi “memarahi” bayi. Sebetulnya ada hal yang membuat bayi anda malas dan tidak mau makan mpasi yang sudah papa mama buat.

Bahkan sang mama udah sungguh-sungguh capek membuat MPASI eh tiba-tiba si kecil tidak mau makan kan membuat sedikit kesal.. agak gondok juga ya kan.. udah capek-capek masak mpasi eh taunya si kecil gak mau makan.

Mengapa bayi tidak mau makan mpasi? Mengapa sikecil malas makan?. Pasti ada sebabnya loh bunda.

Padahal kan udah jam dia harusnya makan, eh taunya tidak mau makan. Itulah yang sering papa mama alami sehingga muncul pertanyaan bagaimana agar si bayi mau makan.

Kalau pun harus dipaksa mau makan, maka sibayi mungkin akan rewel dan menangis sampai menjadi-jadi. Bahkan suara tangisan itu bisa sampai terdengar tetangga sebelah. Makanya si bayi jangan dipaksa makan kalau dia tidak mau.

Lalu seperti apa supaya bayi kita mau makan dan lahap. Berikut ini akan saya uraikan cara agar bayi mau makan.

1. Bayi tidak dalam kondisi masih kenyang
Pastikan bahwa si bayi tidak dalam kondisi masih kenyang. Misalnya, jika bayi anda baru minum susu atau makan cemilan maka tunggu setelah 1-2 jam kemudian baru dikasih makan. Karena kalau si bayi baru dikasih minum susu atau makan cemilan terus 5 menit kemudian langsung dikasih makan mpasi, maka sibayi mungkin tidak mau makan. Makanya biar sibayi mau diajak makan, pastikan si kecil dalam kondisi tidak masih kenyang.

2. Jam makan
Si Bayi bisa anda kasih makan kalau memang sudah waktunya dia makan. Misalnya pagi jam makannya jam 7-8. Kalau siang jam makannya jam 12-1. Terus kalau sore/malam jam makannya antara jam 6-7 malam. Kalau tadi pagi si bayi anda kasih makan mpasi jam 8 pagi, terus papa mama kasih dia makan siang jam 11 Siang, mungkin dia tidak mau makan karena masih belum lapar.

3. Bayi dalam kondisi tidur atau mengantuk berat
Ketika bayi dalam kondisi tidur atau ngantuk berat mungkin tidak mau makan walaupun sudah jam dia harusnya makan. Contohnya kalau si bayi masih tertidur pulas terus anda paksa bangun langsung kasih makan mungkin dia tak langsung mau makan, tunggu 10-15 menit dulu setelah bangun tidur.

Jika sibayi dalam kondisi mengantuk apalagi sudah ngantuk berat, itu kadang susah untuk di kasih makan. Karena dia tidak fokus lagi mau makan. Mungkin sebaiknya diajak tidur sebentar dulu atau diajak main. Kalaupun dipaksa makan padahal si dia mengantuk mungkin si bayi akan rewel dan merengek.

4. Gerah atau Kepanasan
Kalau sibayi dalam kondisi kepanasan atau gerah sampai keringatan karena suhu diruangan panas bisa menjadi salah satu penyebab si bayi tidak mau makan. Tidak mau makan karena si bayi merasa gerah, panas dan keringatan karena suhu panas. Misalnya di siang bolong panas terik atau panas cetar membahana sampai sibayi gerah keringatan itu membuat dia tak selera makan. Oleh sebab itu, kalau dirumah atau di kamar ada AC, silahkan bawa anaknya ke ruangan ber AC sekalian disitu aja dia dikasih makan. Kalau misalnya tidak ada suhu pendingin ruangan (AC), bisa juga kipas angin. Kalaupun tidak ada kipas angin, si papa bisa bantu kipas-kipas pake buku atau apalah yang penting si bayi dalam kondisi merasa tidak kegerahan.

5. Nonton TV
Si bayi usia 1 tahun keatas mungkin sudah terbiasa nonton TV, misalnya nonton film kartun seperti Upin Ipin, Kiko, Adit Sopo Jarwo, Curious George, Si Bolang, Laptop Si Unyil,Dunia Binatang, Dora the Explorer, Spongebob Squarepants, Tom and Jerry, Scooby-Doo, Doraemon dan lain-lain. Nah, ketika si bayi tidak mau makan, cobalah dia ajak nonton tv kesukaanya sambil kasih makan. Beberapa bayi atau anak baru mau makan pas dia santai nonton tv.

6. Papa Jadi Badut
Ketika si mama sudah mulai panik dan pusing lantaran si kecil tak mau juga diajak makan, maka anda sebagai suami bisa menjadi joker. Ya, sipapa bisa membantu dengan menjadi badut dibelakang mama. Jadi, si mama bertugas menyuap makan si kecil, si papa jadi badut. Si papa bisa membantu dengan berakting sebagai badut di didepan sibayi dengan harapan agar sibayi bisa senang ria gembira, dan lahap makannya. Si papa bisa mengambil barang kesukaan anaknya untuk dijadikan bahan badut. Misalnya sibayi punya selimut kesayangan, si papa bisa mengambilnya sambil memain-mainkan dan menerbang-nerbangkan selimutnya layaknya seperti layangan. Hal itu bisa membuat si bayi berubah yang tadinya susah diajak makan menjadi mau makan dengan lahapnya. Selain itu, papa juga bisa menari-nari atau bergoyang-goyang layaknya seperti suatu “hewan”. Itu bisa membantu si bayi untuk mau makan.

7. Tiduran atau Duduk
Bayi yang biasa diberi makan setengah tiduran atau bahkan tiduran akhir-akhir ini sering tak mau makan, cobalah bunda beri makan dengan posisi si bayi duduk. Misalnya duduk dikursi bayi atau duduk di sepeda roda-rodanya atau bahkan duduk dipangkuan. Ketika sibayi sering tidak mau makan saat setengah tiduran atau tiduran mungkin dia tidak nyaman lagi makan di posisi tersebut. Maka solusinya bisa di dudukkan.

8. Ruangan yang tenang
Sibayi susah sekali diajak mau makan, mungkin salah satu penyebabnya adalah karena dirumah itu sedang banyak orang, atau dirumah lagi rame banyak tamu atau mungkin dirumah terlalu ribut dengan suara anak-anak. Suasana dirumah yang hiruk pikuk bisa membuat si kecil menjadi malas makan dan membuat si mama kesusahan kasih makan. Oleh sebab itu pastikan si kecil merasa situasi disekitarnya nyaman dan tenang, jauh dari keributan. Misalnya nih dirumah ada 6 orang kawan papanya datang ngobrol-ngobrol dirumah dengan suara yang keras sambil tertawa terbahak-bahak apalagi ditambah lagi asap rokok yang mengepul sesisi ruangan itu pasti bisa membuat si bayi tidak mau makan. Jika anda mengalami situasi demikian, anda bisa membawa makan si bayi diruangan yang tenang, seperti di dikamar.

9. Berdongeng atau Ajak Ngobrol
Saat mama beri makan si bayi, cobalah dengan berdongeng atau bercerita tentang apa saja. Intinya sambil nyuapin makan si mama berbicara. Dengan adanya interaksi mama berbicara atau berdongeng bisa membuat si bayi tertegun mendengar suara anda dan pada akhirnya mau makan.

Itulah cara membuat agar bayi anda mau makan. Semoga bermanfaat.

Artikel Terbaru