Bagi jemaah yang menunaikan haji tamattu', kapan dia melaksanakan thawaf qudum?

Para ulama sepakat bahwa thawaf qudum merupakan satu di antara sunah- sunah haji maupun umrah. Thawaf qudum memiliki keunikan tata cara pelaksanaan dibandingkan sunah-sunah haji atau umrah yang lain. Thawaf qudum hanya disunahkan bagi orang yang menunaikan ibadah haji qiran dan ifrad, selama dia memasuki Mekah sebelum wuquf. Ketika tiba di Mekah setelah waktu wuquf, orang yang sedang berihram (muhrim) tidak lagi disunahkan untuk thawaf qudum. Hendaknya dia langsung konsentrasi melakukan ibadah nusuk yang merupakan inti ibadah haji, seperti wuquf di Arafah, bermalam di Muzdalifah, melontar jumrah 'Aqabah, dan kemudian thawaf ifadhah.

Jemaah yang menunaikan haji tamattu' atau jemaah umrah tidak disunahkan untuk thawaf qudum. Orang yang melakukan haji tamattu' hendaknya langsung fokus dengan rangkaian inti ibadah nusuk-nya, yakni menunaikan thawaf umrah ketika sampai di Masjidil Haram. Hal ini juga berlaku bagi jemaah umrah. Dia tidak disunahkan untuk melakukan thawaf qudum ketika baru sampai di Mekah. Dia langsung saja menunaikan thawaf umrah—yang merupakan thawaf rukun—ketika tiba di Masjidil Haram.

Seseorang tidak wajib membayar dam jika meninggalkan thawaf qudum, karena hukumnya hanya sebatas sunah. Namun dia dianggap telah kehilangan kesempatan untuk mendapatkan keutamaan (fadhilah). Bagi sebagian jemaah haji Indonesia yang memilih haji qiran atau ifrad, hendaknya menunaikan thawaf qudum ketika tiba di Mekkah. Lantaran mereka dipastikan telah tiba di Mekah sebelum waktu wuquf. Sementara bagi jemaah haji tamattu' atau jemaah umrah, hendaknya langsung menunaikan thawaf umrah dan diniati sekaligus untuk thawaf qudum. Dia tidak perlu menunaikan thawaf qudum secara tersendiri. Menurut pendapat sebagian ulama, thawaf umrahnya akan dihitung sekaligus sebagai thawaf qudum.