Tanda Kepala Bayi Sudah Masuk Panggul

Untuk bisa lahiran normal, selain syarat kepala bayi harus ada dibawah, syarat berikutnya adalah kepala janin harus sudah masuk panggul. Karena biar bagaimana pun juga janin bisa dilahirkan kepalanya harus lewat dulu ke panggul. Kira-kira Ibu tahu tidak tanda-tanda kepala janin sudah masuk panggul? Bagaimana cara mengetahuinya.

Ibu hamil yang mungkin tidak lama lagi mau melahirkan sering bertanya bagaimana tanda-tanda kepala janin sudah masuk panggul. Apa tanda-tanda kepala bayi saya sudah masuk panggul apa belum?

Pertanyaan semacam ini ada pentingnya dan ada juga yang menganggap tidak terlalu penting. Pentingnya tentunya karena kalau misalnya Anda tahu oh janin saya sudah masuk panggul nih, berarti sebentar lagi saya mau lahiran. Atau kalau misalnya kok tanda-tanda ini belum ada? Mungkin kepala janin saya belum masuk panggul. Sehingga ibu nantinya bisa melakukan beberapa tips di akhir postingan supaya membantu kepala si janinnya bisa turun.

Pertanyaan yang sering ditanyakan adalah kapan kepala janin mulai masuk ke panggul?

Secara alami ketika memasuki usia kehamilan 7 bulan ke atas kepala janin sudah mulai mengarah ke bagian bawah. Kepalanya yang awalnya diatas atau di mungkin disamping dia mulai memutar kepalanya untuk bisa berada di bawah.

Tentunya dengan adanya dorongan atau mungkin kontraksi, kemudian ada beberapa aktivitas fisik yang ibu lakukan membantu kepala si janin bisa turun.

Turun ke panggul atau masuk ke pintu panggul biasanya masuk di usia kehamilan 35 minggu ke atas. Kebanyakan begitu. Tetapi ada juga yang masuk di usia 32 Minggu, atau bahkan baru 8 bulan itu sudah bisa mulai masuk panggul. Dan banyak juga ternyata yang masuk panggulnya ini saat menjelang lahiran. Bahkan ada juga yang usia kehamilan 38, 39 Minggu bahkan 40 minggu baru kepala si janin bisa masuk panggul.

Sebenarnya ada beberapa tanda-tanda yang bisa Anda kenali untuk mengetahui setidaknya memperkirakan kepala janin saya sudah masuk ke panggul apa belum.

Pastinya untuk mengetahui itu ada beberapa pemeriksaan bisa dengan pemeriksaan perabaan yang biasa dilakukan oleh bidan atau dikenal dengan pemeriksaan Leopold, atau dengan pemeriksaan USG. Dari situ nanti bisa tau Oh ni kepalanya sudah masuk panggul atau belum.

Tapi dari gejala-gejala sebenarnya juga bisa. Ada beberapa gejala-gejala yang bisa Anda rasakan yang menandakan kepala janin Anda sudah masuk panggul.

1. Sering kencing
Tanda yang biasa dirasakan oleh Ibu hamil adalah Ibu jadi sering kencing. Ya, sering kencing ini selain karena rahim sudah besar ini juga bisa menjadi pertanda bahwa kepala janin anda mungkin sudah masuk ke pintu panggul ibu. Kenapa kalau sering kencing? Jawabannya adalah karena kandung kemih yang letaknya di depan rahim mulai terdorong oleh kepala si janin yang mulai turun. Sehingga karena dia ditekan, akhirnya dia kalau misalnya ada urin sedikit, sudah mau pipis aja. Normalnya kan kalau misalnya kita minta kencing paling setelah urin terisi 200 cc atau 250 cc lalu ada keinginan untuk kencing.

Tapi karena dia ditekan oleh kepala janinnya yang sudah turun ini menyebabkan volume untuk merangsang kencing lebih sedikit. Makanya biasanya kalau Ibu tandanya sering kencing mungkin 5 menit atau bahkan 10 menit sekali pingin kencing. Tapi keluarnya air kencing ini tidak banyak alias cuman sedikit.

2. Nafas lega
Tanda berikutnya yang bisa di rasakan adalah nafas ibu jadi lebih lega dari yang biasanya. Apa hubungannya ya Dok nafas sama janin sudah turun masuk panggul? Hubungannya begini: kita tau bahwa pernafasan itu dibantu juga oleh otot diafragma yang membataskan dada dengan perut. Ketika hamil karena rahim semakin membesar, karena janinnya tambah besar, ini menekan ke atas sekitar 4 – 5 cm sehingga otot diafragma lebih naik, otomatis nafas Ibu jadi lebih ngos-ngosan, lebih sulit menarik nafas dalam-dalam dan ritme nafasnya lebih cepat.

Nah, ketika kepala janin sudah berusaha masuk panggul, posisi rahim ibu akan lebih turun karena beberapa sentimeter kepalanya sudah mulai turun sehingga otomatis otot diafragma ini tidak sampai tertekan lagi. Makanya kenapa kalau misalnya kepala janin sudah masuk panggul biasanya nafas ibu jadi lebih enak, tidak ngos-ngosan lagi, tidurnya pun jadi enak karena sudah bisa bernafas seperti biasa.

3. Perut turun
Tanda berikutnya adalah perut yang kelihatan lebih ke bawah, lebih turun atau istilahnya lebih melorot. Karena kalau kepala janin sudah turun otomatis si perut juga ikut turun sedikit kira-kira beberapa senti, karena kepala janin sudah mulai masuk, otomatis penekanan di atas mulai turun.

4. Nyeri pinggul
Tanda yang berikutnya adalah Ibu jadi sering nyeri pinggul. Nyeri pinggul ini sebenarnya bisa dirasakan di bagian pinggul atau dibagian tulang pinggul Ibu atau bahkan nyeri sampai ke bagian vagina. Kadang-kadang juga ada yang merasakan sampai ke bagian dubur seperti rasanya ada yang menekan. Atau mungkin bahkan batas antara bagian miss V dengan dubur atau Perineum. Itu juga menandakan bahwa kemungkinan kepala janin anda sudah turun masuk pintu panggul.

5. Lendir
Tanda berikutnya sebagai tanda kepala janin sudah mulai turun adalah cairan miss V yang lebih banyak dari biasanya. Hal ini disebabkan karena mulut rahim Anda lebih menipis akibat ada tekanan dari kepala si janin. Ketika ada tekanan otomatis mulut rahim ini mulai menipis untuk kemudian membuka dan akhirnya lahiran.

Nah, proses penipisan ini menyebabkan anda biasanya lebih sering mengeluarkan cairan seperti lendir di bagian miss v yang disebabkan penipisan itu. Hal ini normal. Lendir yang normal itu adalah tidak berbau, tidak berwarna, biasanya bening seperti putih telur mentah. Tanda-tanda ini bisa juga muncul bisa juga tidak. Kadang-kadang tidak dirasakan oleh ibu karena kalau sudah besar gejalanya mirip aja seperti pinggul jadi agak nyeri, miss v agak ada tekanan.

Kalau misalnya ada pertanyaan seperti ini gimana dok kalau misalnya saya sudah hamil mungkin beberapa minggu lagi sudah lahiran tapi saya tidak ada tanda-tanda seperti yang telah dijelaskan diatas? Kemudian pas dicek oleh bidan atau dokter kepala janin saya masih diatas, masih melayang belum masuk panggul. Apa yang harus saya lakukan untuk bisa membantu kepala janin bisa masuk sehingga saya nanti saya bisa lahiran secara normal.

Seperti penjelasan diatas bahwa ada beberapa kasus dimana kepala janin ini masuknya ke panggul ini karena konstraksi saat mau lahiran.

Kebanyakan juga ada kepala janinnya yang baru turun ketika mau lahiran. Ada juga beberapa cara supaya kalau misalnya sudah mau lahiran kok belum masuk panggul yang bisa Ibu lakukan di rumah untuk bisa membantu agar kepala janin ini bisa turun.

Yang pertama adalah gerakan seperti ibu sujud. Gerakan seperti posisi sujud itu untuk membantu memberikan tekanan bagian atas rahim supaya janinnya bisa turun kebawah.

Atau dengan beberapa gerakan ringan seperti jongkok-berdiri-jongkok-berdiri. Itu bisa anda lakukan kira-kira 5-10 kali tiap sekali gerakan, bisa dilakukan 1-2 dalam sehari selama kondisi kehamilan anda sehat.

Lalu gerakan berikutnya adalah gerakan seperti ngepel lantai menungging. Nungging itu juga salah satu cara untuk membantu supaya memberikan tekanan diperut agar janin bisa turun, bisa juga membantu supaya kepala janinnya turun masuk ke pintu panggul. Gerakan nungging Itu bisa anda lakukan dengan durasi 3-5 menit dalam sekali, anda lakukan dalam 2-3 kali dalam sehari dan bisa dilakukan setiap hari. Tetapi kalau misalnya muncul tanda-tanda nyeri atau beberapa kondisi lain seperti tidak bisa lahiran secara normal jangan dipaksakan untuk melakukan hal itu.

Gerakan yang berikutnya adalah anda bisa melakukan olah raga ringan setiap hari seperti jalan-jalan. Kalau anda tau kenapa ibu hamil harus jalan-jalan pagi atau sore. Itu salah satu cara efektif untuk membantu supaya otot-otot pinggulnya lebih kuat sehingga membantu kepala janin bisa turun kebawah.

Gerakan yang lainnya adalah melakukan gerakan senam atau yoga kehamilan. Mungkin anda pernah lihat di video-video atau di tv tentang gerakan yoga khusus untuk ibu-ibu hamil. Gerakan senam atau yoga ini bisa juga membantu agar kepala si janin dapat masuk ke pintu panggul.

Demikianlah uraian penjelasan tentang tanda-tanda kepala janin sudah masuk panggul. Untuk bisa lahiran secara normal kepala janin ini harus berada di bawah. Semoga kepala janin anda masuk panggul sehingga ada penekanan mulut rahim agar bisa membuka mulut rahim agar kepala si janin bisa keluar. Gerakan gerakan seperti yang dijelaskan diatas bisa anda lakukan setelah usia kehamilan anda telah memasuki usia matang misalnya di usia 37 minggu ke atas atau sesuai dengan arahan dari bidan atau dokter Anda. Semoga postingan tentang tanda-tanda kepala bayi masuk panggul ini bermanfaat bagi bunda.