Kumpulan Istilah terkait Virus Corona (Covid 19) dan Artinya

Virus corona atau biasa disebut dengan Covid-19 telah melahirkan beragam istilah ditengah kehidupan masyarakat. Istilah ini sering kita dengar di TV. Berikut kumpulan istilah terkait virus corona (covid 19) dan artinya.
  1. Wabah, adalah kejadian tersebarnya penyakit pada daerah yang luas dan pada banyak orang
  2. ODP, singkatan dari Orang Dalam Pemantauan. Artinya seseorang yang dinyatakan sedang dalam pemantauan
  3. PDP, singkatan dari Pasien Dalam Pengawasan. Artinya seseorang yang dinyatakan sedang dalam pengawasan.
  4. Suspect, artinya orang atau pasien dengan pengawasan yang menunjukkan gelaja infeksi Corona, pernah melakukan perjalanan ke daerah yang menjadi lokasi pesebaran Corona, melakukan kontak atau bertemu dengan orang yang positif COVID-19. Sebenarnya Suspect bisa juga dikatakan sebagai PDP.
  5. Positif, artinya seseorang yang telah dinyatakan positif terinfeksi virus corona.
  6. Lockdown, artinya mengawasi kegiatan aktivitas manusia, mengunci keluar atau masuk dari suatu wilayah/negara/daerah. Contohnya: Menutup pertokoan, dilarang berkumpul, dan lain sebagainya. Tujuannya adalah untuk mengontrol dan mencegah terjadinya penularan virus.
  7. Social Distancing, artinya menjaga jarak antar sesama manusia, hindari keramaian/kerumunan. Tujuannya adalah untuk mengurangi dampak penularan virus.
  8. Isolasi, artinya menempatkan seseorang yang terpapar virus didalam suatu ruangan atau tempat khusus. Tujuannya adalah untuk menerapkan pengendalian infeksi agar tidak semakin menyebarnya penyakit menular dari satu pasien ke pasien lain, petugas kesehatan, dan pengunjung, atau orang disekitar. Contohnya: Isolasi mandiri dilakukan di rumah. Isolasi di rumah sakit, ditempatkan di ruangan khusus.
  9. Karantina, artinya tinggal sementara waktu di suatu ruangan, rumah, atau di suatu tempat dan tidak diperbolehkan untuk keluar dari tempat karantina sebelum selesai di karantina. Terkait dengan virus corona, Karantina biasanya diberlakukan selama 14 hari.
  10. WFH, adalah singkatan dari Work From Home yang artinya bekerja dari rumah.
  11. Rapid test, artinya tes yang dilakukan untuk memeriksa diagnostik cepat untuk skrining medis awal atau darurat dan untuk digunakan di fasilitas medis dengan sumber daya terbatas. Secara singkat Rapid test digunakan untuk mendeteksi virus terhadap seseorang.
  12. Epidemi, artinya suatu penyakit yang menular dengan cepat di daerah yang luas dan menimbulkan banyak korban, misalnya penyakit yang tidak secara tetap berjangkit di suatu daerah.
  13. Pandemi, artinya suatu penyakit menular yang menyebar secara luas hingga ke berbagai penjuru negara di dunia.
  14. Antiseptik, artinya suatu cairan pembersih tubuh yang mengandung senyawa kimia untuk membunuh bakteri/virus, misalnya antiseptik untuk tangan.
  15. Dilarang mudik, artinya adalah himbauan pemerintah kepada masyarakat agar jangan mudik. Tujuannya adalah untuk menghindari virus tersebar ke keluarga atau tetangga di kampung.
  16. Stay at Home, atau bisa disebut Dirumah aja artinya adalah ajakan kepada masyarakat agar berdiam dirumah dan jangan keluar bila tidak mendesak. Dirumah aja mampu meminimalisir penyebaran virus.
  17. Disinfektan, artinya suatu tindakan penyemprotan cairan pembersih yang biasanya terbuat dari hidrogen peroksida, creosote, atau alkohol untuk disemprotkan ke lingkungan sekitar, jalan, permukaan benda seperti meja, pintu, ruangan dan mobil.
  18. PSBB, adalah singkatan dari Pembatasan Sosial Berskala Besar, yang dilakukan oleh suatau daerah dengan tujuan Pembatasan kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah/daerah yang diduga terinfeksi penyakit dan/atau terkontaminasi sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran penyakit.
  19. PCR, adalah singkatan dari Polymerase Chain Reaction yang artinya tes pemeriksaan virus corona  dengan cara mendeteksi bahan genetik spesifik di dalam virus.
Demikianlah uraian tentang berbagai macam istilah yang sering kita dengar terkait Virus Corona (Covid 19).