Kegiatan Katarsis Yang Baik untuk Kesehatan Mental

Tentu anda mungkin bertanya apakah saya seseorang yang melakukan Katarsis? Atau anda mungkin bertanya apakah saya  sedang dalam kegiatan Katarsis? Ya, Katarsis adalah istilah yang sering diungkapkan untuk melakukan suatu usaha dalam rangka menghilangkan rasa Stres, Marah, atau mungkin menghilangkan rasa cemas, bahkan menghilangkan rasa ketakutan yang berlebihan.

Tentu kita sama-sama tau bahwa rasa cemas, trauma, marah, stres dan takut yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan mental Anda. Agar rasa negatif yang berlebihan itu tadi tidak mengganggu kesehatan mental anda, maka perlu di lakukan tindakan Katarsis.

Jadi ketika anda marah, cemas, panik, atau bahkan stres. Maka dapat melakukan Katarsis.  Mungkin anda bertanya apa itu Katarsis?. Katarsis adalah suatu usaha atau tindakan yang dilakukan secara sadar dan keinginan sendiri agar rasa cemas, rasa takut yang berlebihan, rasa marah dan rasa stres bisa hilang dari dalam diri sendiri. Jadi, sebenarnya Katarsis ini merupakan tindakan yang dilakukan dalam usaha menghilangkan rasa itu tadi.

Katarsis bisa juga di istilahkan sebagai upaya pembersihan atas apa yang telah merasuki diri. Misalnya anda pernah mengalami trauma. Nah, agar rasa trauma yang pernah anda alami itu hilang, maka anda mungkin bisa melakukan pembersihan atau Katarsis.

Nah, berikut ini akan saya jelaskan kegiatan-kegiatan atau aktivitas Katarsis apa saja yang baik untuk dilakukan agar rasa negatif itu tadi dapat hilang, setidaknya bersih dari dalam diri kita.

Yang pertama adalah dengan melakukan olah raga. Anda dapat melakukan olah raga kesukaan anda. Misalnya olah raga jalan-jalan di pagi atau sore hari. Bentuk Katarsis dengan olah raga dapat mengurangi dan menghilangkan rasa negatif itu tadi.

Yang kedua adalah dengan menulis. Menulis dapat dijadikan sebagai pelampiasan atas apa yang anda rasakan. Anda dapat menulis dalam bentuk puisi atau menulis catatan hidup anda. Ini juga dapat berkontribusi dalam melampiaskan pikiran negatif itu tadi.

Bentuk Katarsis yang ketiga adalah dengan mendengarkan musik. Mendengar musik juga dapat membantu program Katarsis. Namun, sebagian orang ada yang tidak mau mendengar musik. Beberapa kasus mendengar musik malah membuat dia semakin sedih atau semakin trauma karena mungkin syairnya itu mengingatkan dia dimasa dia pernah merasa cemas.

Aktivitas yang terakhir adalah dengan memukul-mukul sesuatu ang ada disekitar anda. Maksudnya disini adalah ketika anda pas lagi marah atau sedang emosi, anda dapat melampiaskan kemarahan anda itu dengan cara memukul bantal misalnya, atau memukul boneka atau benda yang empuk, entah itu tilam atau sofa.

Itulah penjelasan uraian Kegiatan Katarsis Yang Baik untuk Kesehatan Mental untuk melampiaskan amarah dan emosi.