Ingin Kuliah? Begini Cara Mendaftar Mahasiswa Baru Secara Online

Seiring dengan perkembangan teknologi, hampir semua perguruan tinggi terutama kampus swasta sudah menyediakan fasilitas Pendaftaran Mahasiswa Baru secara online.

Penerimaan mahasiswa baru secara online ini adalah fasilitas bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar secara online tanpa harus datang ke kampus. Hal ini bisa jadi karena si calon mahasiswa sedang berada di kampung, sementara misalnya kampus yang hendak di tuju jauh dari kota tempat tinggalnya.

Nah, jika kamu ingin mendaftar ke perguruan tinggi secara online disini saya akan jelaskan langkah-langkah atau panduan mendaftar kuliah secara online.

Langkah yang pertama dan yang paling terpenting adalah tentukan di kampus mana kamu ingin kuliah. Jadi kamu pastikan dulu di perguruan tinggi mana kamu ingin mendaftar.

Setelah itu bukalah website kampus pilihanmu.

Contoh disini saya jelaskan misalnya nih kamu ingin kuliah di kampus Universitas Medan Area (UMA), maka bukalah alamat website UMA tersebut di https://www.uma.ac.id/. Lalu cari menu link Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) atau menu Registrasi Mahasiswa. Setelah anda menemukan itu lalu klik. Setelah tampilannya terbuka baru isilah formulirnya yang diminta. Setelah itu baru Daftar.

Pertanyaannya adalah bagaimana kalau misalnya saya  tidak tahu alamat website kampus pilihan saya itu?. Bagaimana cara mengetahui alamat website kampus yang ingin saya daftar?

Sebenarnya tanpa anda mengetahui alamat pasti website suatu kampus, anda bisa mencarinya di google. Caranya adalah ketikkan nama kampus pilihanmu itu di google pencarian, nanti akan tampil nama website yang sesuai dengan nama kampusnya.

Selain langkah yang pertama tadi, anda juga dapat melakukan langkah yang kedua, yaitu dengan mengetikkan di google pencarian: PMB [spasi] Nama Kampus. Misalnya PMB Universitas HKBP Nommensen. Lalu nanti akan muncul alamat website PMB (penerimaan mahasiswa baru) Universitas HKBP Nommensen, lalu kliklah itu. Setelah itu daftarkan diri anda seperti langkah diatas tadi.

Jika anda selesai mendaftar, tinggal tunggu saja. Mungkin anda akan dihubungi oleh pihak kampus untuk konfirmasi lebih lanjut.

Begitulah panduan atau cara mendaftar kuliah atau mendaftar mahasiswa baru secara online.