7 Makanan Penambah ASI bagi Ibu Menyusui Secara Alami

Ibu yang sedang menyusui tentunya harus memperhatikan makanan yang di konsumsi. Ada ibu yang akhirnya menyusui tapi tidak lancar sehingga dibantu jamu dan minum obat-obatan. Nah, perlu anda ketahui sebenarnya dalam menyusui ini ada beberapa makanan yang ternyata terbukti bisa memperlancar ASI atau menambah produksi ASI.

Banyak ibu hamil yang menanyakan gimana caranya supaya ASI saya melimpah. Suatu kebahagiaan bagi Ibu bila menyusui secara langsung dan ASI nya cukup untuk bayi Anda.

Makanan-makanan apa saja yang bisa anda konsumsi untuk menambah produksi ASI Anda, simak uraian penjelasan dibawah ini.

1. Oatmeal
Yang pertama adalah makanan oatmeal. Oatmeal adalah makanan yang terdiri dari biji-bijian. Nah, sebenarnya oatmeal ini bisa terbukti memperlancar ASI, menambah produksi ASI karena kandungan gizinya. Gizi oatmeal ini banyak sekali seperti serat, protein, karbohidrat dan beberapa mineral. Itu bagus untuk produksi ASI anda. Tentunya juga ada kandungan zat besi dimana kita tahu bahwa zat besi ini sebenarnya bisa juga untuk berkontribusi pada produksi ASI.

Kalau Ibu yang mengalami Anemia atau kurang darah biasanya produksi ASI nya juga kurang. Maka dari itu zat besi ini bagus untuk menambah darah Ibu. Selain itu juga bisa bagus untuk produksi ASI.

Nah, pada oatmeal ini juga sebenarnya merupakan makanan yang nyaman dikonsumsi. Orang yang mengonsumsi oatmeal sebagai misalnya sarapan atau cemilan biasanya akan merasakan tubuhnya lebih rileks dan lebih tenang.

Tentunya rileks dan tenang ini bisa bagus juga untuk produksi ASI Anda karena peningkatan produksi hormon oksitosin dalam tubuh yang bagus juga untuk memproduksi ASI Anda.

2. Daun katuk
Makanan yang kedua yang bisa memperlancar produksi ASI adalah daun katuk. Mungkin sebagian orang sering sekali mendengar tentang daun katuk yang bisa memperlancar produksi ASI. Faktanya bahwa memang daun katuk ini bisa merupakan pilihan makanan yang bisa Anda konsumsi untuk menambah nutrisi dari ASI Anda selain itu juga bisa menambah berat badan bayi Anda ketika sedang menyusui dan menambah produksi ASI Anda.

Daun katuk ini terbukti karena mengandung kandungan yang bisa meningkatkan hormon Prolaktin dalam tubuh Anda. Prolaktin fungsinya untuk memproduksi ASI. Jadi misalnya kalau hormon ini ditambah tentunya produksi ASI Anda juga bisa melimpah.

Selain itu juga ada beberapa kandungan lain seperti Fosfor, Kalsium, Zat Besi dan juga beberapa mineral. Makanya kalau misalnya Anda lagi menyusui sering-seringlah makan daun katuk. Selain nutrisinya bagus untuk menambah berat badan bayi Anda ketika sedang menyusui ternyata daun katuk juga bisa memperlancar produksi ASI Anda.

3. Brokoli
Makanan yang ketiga brokoli. Brokoli ternyata banyak sekali mengandung asam folat dan Fitoestrogen yang bagus untuk produksi ASI Anda. Kalau Asam Folat tentunya bagus juga untuk mencegah ibu mengalami kekurangan darah. Asam Folat juga bagus untuk perkembangan otak si janin Anda atau bayi Anda. Maka dari itu kalau Anda mengkonsumsi brokoli mungkin saat hamil atau saat sudah melahirkan sering-sering mungkin dimasak dibuat sup atau direbus atau bahkan dimasak cuman sebentar yang penting dicuci bersih. Ini bagus untuk produksi ASI. Jadi, sering-seringlah makan brokoli diolah dalam bentuk apapun yang penting anda suka makannya.

4. Kacang Almond
Kemudian makanan yang ke empat adalah kacang almond. Kacang almond ini bisa dalam bentuk olahan susu berupa susu almond. Kalau anda sering ke supermarket dan mini market ketemu susu almond itu bagus untuk menambah produksi ASI.

Selain berupa susu bisa juga berupa cemilan kacang-kacang yang diolah dengan direbus atau dimakan secara mentah itu sebenarnya bagus yang penting di cuci secara bersih.

Kacang almond ini bisa juga Anda goreng sebagai makanan cemilan sehari-hari seketika anda lagi menyusui. Karena terbukti kacang almond bisa meningkatkan produksi ASI Anda. Ada kandungan seperti serat, lemak, protein dan karbohidrat yang bagus untuk tubuh Anda juga. Nah, tentunya ini juga bagus untuk meningkatkan nilai gizi pada ASI Anda.

Kita juga tahu bahwa kacang almond ini juga bisa berfungsi untuk menurunkan kadar lemak jahat dalam tubuh. jadi Kalau misalnya Anda punya masalah dalam kolesterol, misalnya kolesterol yang tinggi atau LDL yang tinggi ini juga bisa membantu menurunkan secara alami tanpa bantuan obat-obatan.

5. Pepaya hijau
Berikutnya makanan kelima adalah pepaya hijau. Kita sering tahu bahwa pepaya yang matang bentuknya merah atau orange. Namun, anda disarankan untuk makan pepaya olahan pepaya hijau. Pepaya hijau ini kesannya memang di lihat sebenarnya pepaya mentah atau juga pepaya yang teksturnya masih keras mungkin juga ada getahnya dan lain sebagainya.

Tapi misalnya anda bisa olah secara baik, seperti di rebus atau dibuat sayur itu ternyata itu bisa membantu produksi ASI. Pepaya hijau dipercaya bisa memproduksi ASI dan menambah produksi ASI karena kandungan nutrisi yang ada didalamnya seperti Vitamin A, Vitamin C, Vitamin D, Zat Besi, dan lain sebagainya. Zat besinya bisa untuk mencegah ibu mengalami kurang darah.

Pepaya hijau ini bisa anda konsumsi secara rutin ketika sedang menyusui untuk menambah nutrisi ASI dan sekaligus menambah produksi ASI Ibu.

6. Sayur bayam
Makanan keenam yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan produksi ASI Anda adalah sayur bayam. Sayur bayam ini banyak kandungan nutrisinya terutama tinggi Zat Besi dan juga kalsium. Zat besi ini sangat baik untuk produksi sel darah merah Anda. Tentunya ini berhubungan dengan produksi ASI.

Bayam ini bisa anda olah dalam bentuk apa saja, misalnya bisa dibuat lalapan direbus atau di bikin sayur bayam atau dimasak apa saja anda suka. Mungkin juga ada bentuk olahan lain seperti keripik bayam.

Tetapi supaya nutrisinya tidak terlalu rusak sebaiknya jangan di masak terlalu lama dan kalau bisa jangan di panaskan lagi kalau misalnya anda buat seperti sayur. Bayam ini bisa untuk meningkatkan produksi ASI Anda. Anda dapat mengkonsumsinya secara rutin tidak masalah.

7. Biji wijen
Makanan berikutnya adalah biji wijen. Biji wijen ini ternyata bisa juga untuk produksi ASI. Biji-bijian ini bisa anda temukan di dalam olahan kue atau berupa olahan-olahan dalam bentuk snack atau dalam bentuk makanan seperti mie goreng yang ditaburi biji wijen. Itu bisa untuk meningkatkan produksi ASI Anda.

Tentunya makanan-makanan ini adalah makanan-makanan yang bisa anda konsumsi tiap hari dan untuk mendapatkannya juga tidak sulit, karena di pasar atau di supermarket juga ada dijual.

Kesimpulannya mudah saja dan tidak terlalu sulit untuk menemukan makanan-makanan yang bisa anda konsumsi ketika sedang menyusui. Tentunya semuanya itu hanya sebagai penunjang bahwa harus ada kebiasaan Ibu yang Ibu dilakukan secara rutin di rumah, seperti Ibu melakukan pijat payudara sebelum menyusui. Kemudian ibu juga harus sering menyusui bayi Anda 2 jam hingga 3 jam sekali. Kalau misalnya bayinya sudah mulai besar misalnya 3 bulan keatas ibu juga bisa bantu Pumping ASI atau dipompa. Itu juga dapat memicu supaya ASI dapat diproduksi lebih banyak. Jadi tidak harus dari makanan tetapi juga Ibu harus tunjang dengan kebiasaan-kebiasaan tersebut.

Ibu juga jangan stres ketika sedang menyusui, karena kalau stres produksi ASI juga bisa berkurang.

Itulah uraian beberapa makanan yang bisa Anda olah dan dikonsumsi tiap hari. Selain karena gizinya baik untuk Ibu untuk bayi juga bagus dan baik juga untuk produksi ASI Anda ketika sedang menyusui. Semoga proses menyusuinya lancar ya bunda minimal 6 bulan dan maksimal bisa sampai 2 tahun. Supaya bayi anda sehat dan mendapat nutrisi yang terbaik dari Ibu dan suatu kebanggaan ketika Ibu bisa menyusui anak secara langsung.