Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Kena Tipu

Karena yang akan di beli adalah Mobil bekas, maka anda harus tau tips membeli Mobil jika anda tak mau kena tipu. Mobil bekas dengan mobil baru sangat jauh berbeda. Orang lebih memilih beli mobil bekas ketimbang mobil baru relatif memiliki alasan yang berbeda. Mungkin kalau beli mobil baru harganya mahal, sedangkan kalau beli mobil yang bekas harganya murah. Itu sudah pada dasarnya barang bekas akan lebih murah dengan yang baru.

Keuntungan membeli mobil bekas salah satunya adalah harga jualnya lebih murah dari pada yang baru. Namun, ada juga pembeli mobil bekas yang kena tipu. Kena tipu disini maksudnya adalah sudah beli mobil bekas, akan tetapi ternyata masih ada kerusakan atau tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Harapannya membeli mobil bekas adalah harga murah dan mobilnya masih bagus dan berkualitas. Kita tidak mengharapkan mobil bekas yang baru saja dibeli ternyata sudah rusak.

Siapa yang salah jika sampai kena tipu beli mobil bekas. Bisa saja salah sendiri. Maka dari itu, agar kamu yang sedang berniat untuk membeli mobil bekas namun masih bagus dan berkualitas seperti baru, tentu anda harus memiliki cara dan tips bagaimana membeli mobil bekas namun berkualitas.

Berikut adalah tips membeli mobil bekas agar jangan sampai anda tertipu. Tips ini diperuntukkan bagi yang belum paham betul tentang bagian dalam dan bagian luar mobil tersebut. Cara ini sangat membantu anda yang masih pemula dalam hal tentang mobil.

Tips membeli mobil bekas

1. Periksa Surat-surat Mobil
Pastikan bahwa mobil bekas yang anda beli masih memiliki surat-surat seperti STNK dan BPKB dan berkas lainnya. Jika tidak memiliki BPKB dan STNK yang sah sebaiknya jangan mau membeli bekas itu. Pastikan juga bahwa STNK dan BPKB asli dan tidak palsu. Pastikan bahwa pajak kendaraan mobil tersebut tidak menunggak. Kalau sampai menunggak, anda tekorlah.

2. Periksa bagian Mesin
Sebelum deal, silahkan periksa mesin mobil bekas tersebut. Tujuannya adalah untuk memastikan apakah seluruh bagian mesin mobil masih berfungsi dengan baik. Kemudian apakah mesin-mesin tersebut sudah pernah diganti atau masih bawaan asli. Di sinilah yang sering orang tertipu. Jangan mudah tergoda dengan mobil bekas dengan harga murah, tetapi mesin nya sudah tidak bagus lagi.

3. Periksa Body dan Assesoris Mobil
Hal yang wajib anda periksa adalah bagian body mobil mulai dari luar hingga ke dalam mobil. Misalnya apakah cat mobilnya masih bagus atau sudah sering ditempel-tempel. Bagian kaca pastikan tidak ada yang retak. Juga bagian kursi dan joknya apakah masih bagus, bisa dilipat atau ada kulit jok nya yang sobek. Perhatikan pintu mobil dalam keadaan bagus. Pastikan seluruh rangka dan badan mobil masih mungil dan tidak ada bagian lecet seperti pernah tabrakan. Kalau ada yang benjol atau lecet, berarti itu menandakan bahwa mobil itu pernah kena benturan atau tabrakan.

4. Periksa Assesories Mobil
Assesories mobil bekas yang wajib anda perhatikan dan cek adalah seperti AC, Musik, Lampu. Intinya adalah pastikan interior dan segala komponennya masih bagus. Cek dashboard mobil itu, apakah masih bagus atau tidak. Karpet dan plafon juga tidak ada yang bocor.

5. Pandai menawar
Jika incaran mobil bekas anda sudak OK, sekarang tugas anda adalah menawar. Tawarlah harga mobil itu semurah mungkin. Jika anda memiliki negosiasi yang baik, pastilah harga mobil itu masih bisa anda tawar. Gunakan ilmu tawar mati. Contohnya jika si penjual mobil menjual dengan harga 100 juta. Maka anda bilang saja begini. Kalau mobil ini 80 juta saya beli. Nah, dia pasti mikir itu. Kalau dia tidak bersedia 80 juta. Naikkan lagi 90 juta. Jika tidak mau juga, ya udah terserah anda.

6. Tentukan merek Mobil
Anda pastikan dulu mobil bekas merek apa yang akan anda cari. Karena di indonesia ada begitu banyak merek mobil yang bagus untuk dibeli.  Berikut adalah macam-macam merek mobil di Indonesia, antara lain:
  1. Toyota
  2. Daihatsu
  3. Honda
  4. Mitsubishi Motors
  5. Suzuki
  6. Mitsubshi Fuso
  7. Hino
  8. Isuzu
  9. Wuling
  10. Nissan
  11. Datsun
  12. Mazda
  13. DFSK
  14. BMW
  15. UD Trucks
  16. Chevrolet
  17. Hyundai
  18. Lexus
  19. Tata
  20. Mini
7. Survei Harga Mobil
Setelah anda dikasih tau harga mobil bekas yang dia jual itu, maka tips yang anda lakukan adalah silahkan lakukan survei harga mobil yang sesuai dengan tipe dan spesifikasi mobil. Anda dapat survey di internet secara online. Cari aja di Google, dengan mengetikkan tipe mobil yang di inginkan. Setelah anda melakukan survey, maka anda dapat bernegosiasi lebih gampang  dengan si penjual.

8. Test Mobil Bekas
Tips selanjutnya adalah dengan melakukan Test Drive, test drive itu adalah dengan mencoba memakai mobil bekas tersebut. Coba pake mobil itu keliling-keliling minimal 10 menit. Sambil test, periksalah apakah mesin berbunyi bising atau berisik, pastikan juga apakah Persneling mobil masih bagus atau tidak.

Dengan melakukan test drive, anda akan sangat paham bagaimana kondisi mobil tersebut. Apakah lampu spion hidup atau gak, apakah remnya blong atau tidak, apakah AC nya hidup, apakah di dalam mobil itu mengeluarkan bau atau tidak.

9. Minta ditemani Mekanik
Tips beli mobil bekas yang terbaik adalah dengan membawa mekanik ketempat penjualan mobil bekas. Jika ada kawanmu seorang mekanik yang ahli dalam menangani mobil, mintalah untuk mengawanimu membeli mobil bekas. Namun, jikalau tidak ada kawan atau kerabatmu seorang mekanik, anda dapat mencarinya entah dari kawan temanmu atau dari bengkel. Nanti kasihlah uang rokok sama dia, biar dia senang. Membawa mekanik membeli mobil bekas sangat dianjurkan jika anda kurang paham betul mengenai mobil. Tujuannya adalah agar tau sedikit banyak tentang mobil bekas itu. Apakah layak dibeli dengan harga segitu. Apakah mobil masih dalam kondisi layak atau tidak.

Itulah beberapa tips beli mobil bekas agar tidak kena tipu. Selanjutnya yang perlu anda pahami adalah kesalahan dalam membeli mobil bekas. Berikut adalah kesalahan yang harus dihindari saat membeli mobil bekas.
  • Si pembeli tidak memeriksa bagian dan kondisi mobil
  • Tidak mengetahui dan menguasai tentang mobil
  • Tidak melakukan test drive
  • Tergoda dengan harga murah
  • Tidak melakukan survei harga
  • Tidak melakukan wawancara tentang riwayat mobil

Itulah kesalahan yang umum dilakukan oleh pembeli mobil bekas yang pernah kena tipu. Oleh sebab itu, berhati-hatilah dalam membeli mobil bekas. Kalau anda sampai salah membeli mobil bekas, bisa jadi anda akan rugi. Saya tidak mau anda rugi dalam membeli mobil. Berharap anda mendapat untung dengan kondisi mobil bekas yang berkualitas. Kerugian dalam beli mobil bekas tanggung sendiri. Itulah resiko beli mobil bekas. Harus ada jaminan bahwasanya mobil bekas itu masih bagus.

Jika anda pernah membeli mobil bekas namun tidak sesuai harapan, jadikanlah itu sebagai pengalaman buat anda. Ketika suatu saat anda nanti berencana mau beli mobil bekas lagi, setidaknya sudah belajar dari pengalaman yang lalu-lalu.

Sebenarnya membeli mobil bekas itu ada 2, yaitu beli mobil bekas di Showroom dan beli mobil Pribadi seorang. Yang manakah yang terbaik? Itu tergantung bagaimana kemampuan anda mengetahui kondisi mobil bekas itu. Di manapun anda beli, sebaiknya lakukan tips beli mobil bekas yang saya jelaskan diatas.

Beli mobil bekas pakai kredit atau cash (lunas)? Itu tergantung dari keuangan anda. Kalau uang ada banyak, ya udah sebaiknya lunaskan saja. Namun, tidak uang pas-pasan, sebaiknya kredit saja biar bisa menyicil.

Waspadai kecurangan yang dilakukan oleh oknum penjual mobil bekas nakal. Ada-ada saja di dunia ini kejadian modus kenakalan penjual mobil bekas. Agar mereka itu tidak beraksi lagi, kita harus melaporkan ke polisi jika menemukan penjual mobil bekas nakal.

Jika anda beli mobil bekas secara online? anda harus berjumpa dengan si penjual dan lakukan tips diatas.

Komentar