5 Cara Ibadah di Rumah Yang Baik dan Benar

Pada dasarnya orang kristen melaksanakan kebaktian ibadah minggu di gereja. Tetapi lantaran sesuatu hal, misalnya karena ada wabah virus yang mematikan, maka hal terbaik yang harus dilakukan adalah beribadah di rumah.

Agama kristen itu fleksibel. Beribadah bukan hanya di gereja. Misalnya pada suatu hari minggu anda dan keluarga tidak bisa mengikuti kebaktian/ibadah di gereja karena sesuatu hal, anda tentu dapat menggantinya dengan beribadah/kebaktian dari rumah.

Lantas, bagaimana cara ibadah di rumah yang baik dan benar. Berikut ini adalah cara beribadah dirumah pengganti ibadah di gereja.

1. Minta Tata Ibadah
Sebagai petunjuk jalannya ibadah, anda dapat meminta Tata Ibadah dari gereja Anda. Jika anda masuk kedalam grup WhatsApp gereja atau Grup WhatsApp Wijk biasanya akan tata ibadahnya dibagikan di grup, sehingga para jemaatnya bisa mendapatkannya.

2. Tentukan Jam ibadah
Setelah anda sudah menerima tata ibadah dari gereja, langkah selanjutnya adalah tentukan jam berapa dilakukan ibadah dirumah anda. Anda dapat memilih pagi, siang, sore atau malam hari.

3. Siapkan Alkitab dan Buku lagu
Jika anda adalah jemaat HKBP, silahkan siapkan Bibel + Buku Ende, Alkitab dan Kidung Jemaat. Alkitab dan Buku Lagu nantinya akan digunakan untuk mengikuti ibadah, seperti membaca firman dan menyanyikan lagu. Beberapa gereja di dalam tata ibadah, sudah tersedia liturgi, bacaan firman dan lagunya.

4. Siapkan Kotak Persembahan
Sediakan juga kotak pelean (persembahan) sebagai tempat mengumpulkan persembahan. Persembahan ini nantinya akan di kasih ke gereja. Bisa melalui Sintua atau langsung ke gereja.

5. Tentukan siapa petugas
Sebelum memulai ibadah di rumah, tentukan siapa yang membawakan ibadah,  siapa nanti yang membacakan firman dan siapa nanti yang akan memimpin doa.

Itulah beberapa cara yang harus dipersiapkan Ibadah di Rumah. Dengan ibadah di rumah, anda tetap bisa memuji dan mengucap syukur kepada Tuhan.

Pertanyaannya adalah bagaimana jika anda tidak mendapatkan tata ibadah. Tanpa tata ibadah dari gereja tempat anda terdaftar, anda juga bisa tetap beribadah dirumah dengan menyiapkan lagu secara acak dan menyiapkan bacaan firman secara acak juga.

Bagaimana jika hanya seorang diri di kost? Bisakah saya beribadah di rumah? Ya, anda tetap bisa beribadah di rumah dengan mengikuti tata acara dari gereja. Sesuaikan saja, tidak perlu semuanya urutan/agenda yang di tata ibadah itu diikuti. Sesuaikan saja dengan seperlunya. Namun bacaan firmannya tetap harus dibacakan.

Komentar