Tujuan dan Manfaat mengikuti Acara Partangiangan Wijk Gereja

Acara partangiangan atau dalam bahasa indonesia lebih dikenal dengan ibadah keluarga adalah suatu acara ibadah (kebaktian rohani) yang dilakukan oleh sekelompok orang yang diadakan di rumah jemaat.

Biasanya acara partangiangan wijk/sektor yang diselenggarakan oleh gereja adalah kumpulan keluarga (KK) dalam satu wilayah/area tertentu mengadakan acara ibadah keluarga sektor.

Mayoritas gereja yang ada di Indonesia baik di pedesaan maupun perkotaan telah mengadakan acara partangiangan/ibadah doa di tiap sektor jemaat suatu gereja tersebut.

Gereja-gereja tersebut misalnya gereja HKBP, HKI, GKPI, Katolik, BNKP, Gereja asal Jawa, Gereja asal Manado dan lain sebagainya.

Acara partangiangan wijk gereja biasanya dilaksanakan pada hari Rabu dan Kamis. Ibadah partangiangan dimulai pada jam 8 malam hari sampai selesai.

Tata Ibadah Acara Partangiangan Wijk/Ibadah jemaat sektor biasanya sudah ada pada tata ibadah kebaktian Minggu.

Konsep ibadah partangiangan wijk antara lain bernyanyi, voting ibadah pembuka, bernyanyi, pembacaan epistel, mendengarkan firman, mengumpulkan persembahan, doa dari ruas (jemaat yang datang), doa dari tuan rumah (parjabu) dan doa penutup.

Setelah ibadah selesai, biasanya tuan rumah akan menyuguhkan minuman dan makanan. Jenis minuman dan makanan yang disajikan oleh tuan rumah tidak harus yang mahal-mahal. Tergangtung ekonomi dari keluarga tuan rumah. Aqua gelas dan roti saja sudah cukup.

Sebenarnya banyak tujuan dan manfaat diadakannya acara partangiangan wijk/ibadah jemaat sektor gereja.

Tujuan utama mengadakan acara partangiangan wijk adalah untuk membangun kebersamaan antar satu lingkungan wijk/sektor gereja.

Sedangkan manfaat mengadakan dan mengikuti acara partangiangan yang diperoleh jemaat (ruas) adalah menambah teman dan mempererat rasa pertemanan antara wilayah wijk/sektor. Dengan sering mengikuti partangiangan wijk gereja, maka sintua gereja dan jemaat satu sektor akan mengenal kita. Semakin banyak orang yang mengenal kita, maka semakin banyak yang menyayangi kita.

Itulah tujuan dan manfaat yang sangat penting yang kita dapatkan mengadakan dan mengikuti ibadah partangiangan wijk gereja/ibadah jemaat sektor.