Bagaimana Cara Menghemat Paket Data Internet Agar Jangan Cepat Habis

Bagi anda yang belum sadar kuota internet anda cepat habis, kini anda harus menyadari betapa tanpa anda sadari ternyata paket internet anda boros ternyata karena belum mengetahui bagaimana tips agar kuota internet anda hemat.

Menghemat paket data internet sangat dianjurkan untuk kita lakukan. Karena, jika kuota internet cepat habis, maka habislah uang kita. Jangan mau habis uang beli paket, tetapi lakukan cara yang ampuh untuk mengantisipasi terjadinya pemborosan data. Entah itu paket internet di laptop dengan hotspot dan paket internet hp smartphone, wajib sekali kita menghemat data.

Tetapi jika kamu adalah juragan kaya, anda tak perlu untuk menghemat data. Tetapi sebaliknya anda boleh berbagi data dengan menghotspotkan hp anda untuk di wifi kan oleh teman-teman yang membutuhkan, khususnya yang sekarang data.

Memang, banyak cara yang harus dilakukan untuk menghentikan keborosan data internet.

Berlaku untuk semua pemakaian data, diantaranya Menghemat data internet untuk WhatsApp, Facebook, Instagram, Youtube, tiktok, Download film dan lagu dan browsing.

Lalu bagaimana cara menghemat data jika menggunakan jaringan telkomsel? Sebenarnya bukan cuma pemakai jaringan telkomsel saja perlu menghemat data, tetapi juga bagi anda pengguna data seluler untuk jaringan Axis, Smartfren, XL, Ooredoo dan lain sebagainya. Entah itu pakai modem atau Indihome.

Lalu pertanyaannya adalah bagaimanakah cara menghemat kuota paket internet agar tidak cepat habis? Ternyata beginilah 8 cara yang dilakukan oleh banyak orang untuk menghemat data internetnya. cara ini sudah terbukti menghemat data internet.

1. Nonton Youtube
Bila anda sering menonton video di youtube baik itu aplikasi youtube atau web youtube begini caranya: Saat menonton video, Anda pilihlah kualitas video resolusi rendah. Misalnya 320 atau 460 piksel. Jika anda sering menonton video kualitas HD 720p atau diatasnya, maka kuota internet anda akan lebih cepat disedot.

2. Matikan Opsi Sinkronisasi
Tanpa anda sadari banyak akun yang secara otomatis melakukan sinkronisasi pada HP, sehingga secara tidak sadar paket internet anda tersedot. Agar hemat data, matikan atau non-aktifkan sinkronisasi untuk akun yang tidak penting.

3. Batasi Update Aplikasi
Aplikasi yang terinstall pada smartphone anda secara otomatis akan melakukan update secara berkala. Untuk itu silahkan anda batasi aplikasi mana saja yang perlu di update, jika tidak penting, sebaiknya jangan lakukan update aplikasi. Karena pada saat update aplikasi, memerlukan kuota yang tidak sedikit. Jika ada notifikasi minta pembaruan aplikasi, pilihlah aplikasi yang memang penting bagi Anda. Sebaliknya, jika aplikasi yang jarang digunakan sebaiknya jangan di update. Namun, jika hp smartphone anda sering terbubung dengan wifi kantor atau rumah anda dapat memperbarui semua aplikasi yang minta di update.

4. Nonton Streaming
Jika anda adalah orang yang sering nonton film atau tv secara Streaming, lakukan seperti halnya menonton youtube, yakni pilih kualitas video yang rendah, misalnya 320p atau 460p. Semakin turun kualitas resolusi videonya maka semakin rendah pemakaian data internet yang tersedot.

5. Non-atifkan Data Internet
Jika kamu bisa terhubung dengan wifi kantor, kampus atau rumah sebaiknya matikan data peket anda. Silahkan beralif pada wifi. Tetapi jika sudah berada diluar jangkauan wifi barulah anda mengaktifkan data internet pada smartphone anda.

Silahkan matikan koneksi data internet anda jika sedang tidur. Matikan juga data internet anda ketika malam hari mau tidur. Selain itu, matikan koneksi internet jika tidak dibutuhkan. Dengan begitu anda melakukan penghematan data.

6. Jangan sering Video Call
Video call sangat boros data. Sebaiknya kurangi melakukan panggilan video call. Kalaupun harus melakukan video call, jangan lama-lama. Panggilan video call digunakan sama orang yang penting-penting saja.

7. Jangan Hotspotkan Smartphone
Kuota paket internet anda cepat habis? Salah satunya adalah karena anda sering menghotspotkan HP anda ke teman. Ketahuilah bahwa berbagi jaringan kuota internet dengan fitur hotspot dari hp anda ke teman, itu akan menguras kuota peket internet anda.

8. Gunakan Aplikasi Penghemat Data
Ada begitu banyak aplikasi yang dapat membantu menghemat kuota internet anda. anda dapat menginstall aplikasi ini di play store. Berikut adalah beberapa aplikasi yang berfungsi untuk menghemat kuota internet anda.
  • Datally
  • My Data Manager
  • Opera Max
  • CM Data Manager
  • Net Guard
  • DataEye
  • Data Usage Monitor
  • Internet Speed Meter Lite
  • Chrome Browser
  • Video Downloader for Instagram
  • Opera Mini
  • Facebook Lite
  • Yandex Broswer

Untuk informasi lebih lanjut tentang fungsi dan cara penggunaannya, silahkan cari di google.

Apalagi jika anda sedang kerja dirumah yang memang butuh kuota internet anda harus pintar-pintar mengatur kuota anda. Begitu juga dengan anak sekolah dan mahasiswa yang belajar online dirumah sangat membutuhkan koneksi internet. Untuk itu, perlu menerapkan hemat kuota internet. Beberapa cara dan tipsnya sudah diulas diatas artikel.

Jika anda adalah orang yang selalu buka media sosial, ada salah satu cara efektif untuk menghemat data, yaitu dengan cara hindari mengakses media sosial secara terus menerus. Semakin jarang anda mengakses media sosial seperti facebook, twitter, instagram, Whatsapp dan lain sebagainya maka kuota internet anda semakin hemat. Caranya adalah anda dapat membuka medis sosial sekali 5 jam.

Main game online juga sangat memboroskan internet. Jika anda harus  bermain game online sebaiknya gunakan jaringan wifi saja. Karena main game online itu sangat cepat menghabiskan paket internet anda.

Kalaupun anda harus mengakses media sosial dan main game online secara terus menerus, sebaiknya belilah paket internet yang murah dengan kuota yang besar. Ada banyak provider yang menjual paket internet murah dengan kuota besar, misalnya paket internet Telkomsel, Axis, XL, Ooredoo dan Smartfren. Pilihlah paket unlimited tanpa batas.

Komentar