Metode Pembelajaran Jarak Jauh di SD, SMP, SMA/SMK dan Universitas

Apa itu Pembelajaran (belajar) Jarak Jauh? Pembelajaran Jarak Jauh atau Belajar jarak jauh adalah belajar mengajar yang dilakukan oleh guru dan siswa tanpa tatap mula langsung, dengan kata lain belajar belajar antara guru dan siswa yang dilakukan melalui jaringan internet. Biasanya belajar mengajar dilakukan di dalam ruangan atau dikelas, sedangkan belajar jarak jauh bisa dilakukan dari mana saja, asal terhubung ke dalam suatu jaringan. Dengan belajar jarak jauh, maka siswa dan guru dapat mengikuti proses belajar mengajar dimana pun mereka berada, misalnya di rumah atau didalam mobil.

Metode Pembelajaran Jarak Jauh adalah strategi dan penerapan belajar mengajar sekolah dengan sistem belajar mengajar berbasis digital dengan bantuan teknologi.

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dilakukan karena suatu atau beberapa hal. Misalnya untuk menghindari virus corona. Agar siswa dan guru tidak terjangkit virus corona, maka sepatutnya sejak dini dilakukan pencegahan. Salah satu pencegahan nyata adalah dengan meniadakan belajar mengajar tatap muka disekolah yang diganti dengan metode Pembelajaran Jarak Jauh.

Salah satu metode yang cukup baik diterapkan dalam sistem belajar jarak jauh adalaha dengan metode berbasis digital.

Konsep Pembelajaran Jarak Jauh berbasis digital dapat diterapkan di seluruh jenjang pendidikan, yakni SD, SMP, SMA sampai kuliah.

Pembelajaran jarak jauh dengan metode berbasis digital ini bisa digunakan dengan sistem live dan aplikasi daring yang dibuat oleh guru atau sekolah, misalnya Live Streaming Youtube, Google Class Room, Grup WA dan lain-lain.

Konsep pembelajarannya bisa menyampaikan materi secara langsung oleh guru atau bisa ditunda bagi yang terkendala. Aplikasi daring juga membuka ruang diskusi bagi peserta didik yang ingin bertanya di waktu yang sama.

Selain materi disampaikan langsung oleh guru via daring, konsep pembelajaran jarak jauh juga dapat menggunakan sistem diskusi terarah.

Dengan metode ini, guru menggunakan metode Blended Learning, di mana siswa diajak untuk mengeksplorasi sumber belajar dari berbagai rujukan situs internet dengan sistem penilaian yang dapat dipantau secara langsung, interaktif, terukur, dan menyenangkan. Website atau situs yang digunakan misalnya Kahoot, Quizzizz, dan Edmodo.

Melalui metode pembelajaran jarak jauh ini secara tidak langsung akan mendorong siswa untuk mengeksplorasi sumber belajar dari internet sebagai implementasi dari Pembelajaran Mandiri Teratur atau Self Regulated Learning.

Manfaat dan keunggulan dari dari sistem belajar jarak berbasis digital diantaranya adalah menumbuhkan kreativitas guru dan siswa, mendisiplinkan diri peserta didik dan mengurangi dampak virus corona.

Diharapkan hasil dari penerapan metode belajar jarak jauh akan membuat guru, siswa dan orang tua murid akan terjalin komunikasi yang baik walapun belajar tanpa tatap muka langsung.