Mengenal Ruang Meeting Online

Ruang Meeting Online adalah ruang yang dikhususkan untuk melakukan meeting atau rapat secara online. Ruang Meeting Online ini biasanya dilakukan di Instansi Pemerintah dan Instansi Swasta. Misalnya Kantor Pemerintah, kantor swasta, Kampus dan sekolah.

Tujuan pembuatan Ruang Meeting Online adalah agar antar seseorang atau antar sekelompok orang dapat melakukan diskusi atau rapat dari jarak jauh. Misalnya Presiden melakukan diskusi dengan para Bupati setempat. Dimana presiden dapat berbicara secara video dari Istana Negara dan dilihat secara langsung oleh Bupati melalui teknologi online.

Manfaat pengadaan Ruang Meeting Online adalah untuk mengefisiensi anggaran dan menghemat waktu.

Mengapa perlu membuat Ruang Meeting Online? Ruang Meeting Online menjadi salah satu cara untuk berdiskusi antar anggota sesama kelompok dikarenakan oleh beberapa sebab.

Sebab-sebab harus diadakannya Ruang Meeting Online adalah misalnya karena ada wabah virus corona.

Lantas, bagaimana cara membuat Ruang Meeting Online ini? Untuk Ruang Meeting Online membutuhkan beberapa hal. Hal-hal dalam pembuatan Ruang Meeting Online adalah sebagai berikut.

Menyediakan ruangan. Ruangan dapat disesuaikan dengan kondisi yang diperlukan. Misalnya Ruang Meeting Online mampu menampung 100 orang.

Untuk menjalankan Ruang Meeting Online, dibutuhkan koneksi Internet yang stabil. Pilihlah provider internet yang bagus, misalnya indihome.

Harus menunjuk satu atau dua orang sebagai Admin yang bertugas untuk mengatur jalannya rapat dan mengundang peserta rapat.

Biaya pembuatan Ruang Meeting Online. Untuk membuat Ruang Meeting Online memerlukan biaya yang tidak sedikit. Tergantung Ruang Meeting Online seperti apa yang mau dibuat, apakah Ruang Meeting Online yang besar atau kecil. Biaya pembuatan Ruang Meeting Online dapat dianggarkan oleh instansi terkait. Sebaiknya mengajukan proposal pembuatan Ruang Meeting Online.

Ruang Meeting Online memerlukan perangkat dan aplikasi untuk menjalankan Ruang Meeting Online. Perangkat yang dibutuhkan dalam penyediaan Ruang Meeting Online adalah misalnya PC, Smartphone atau Laptop. Layar berukuran besar juga sangat diperlukan, terutama jika dalam Ruang Meeting Online itu terdiri atas puluhan/ratusan peserta rapat.

Selain perangkat keras, Ruang Meeting Online juga butuh yang namanya Software atau Aplikasi. Software untuk Ruang Meeting Online sangat banyak dipasaran. Sebut saja contoh yang sering digunakan dalam Ruang Meeting Online adalah Aplikasi Zoom video conference. Aplikasi Zoom video conference ini bisa di instal di Smartphone, PC dan Laptop.

Rekomendasi kami, silahkan pakai Aplikasi Zoom. Cara menginstal Aplikasi Zoom ini pun cukup mudah. Anda dapat mencari di google langkah menginstal Aplikasi Zoom video conference semua perangkat.

Ruang Meeting Online ini cocok diterapkan di kantor dinas, kantor bupati, kantor walikota, kantor gubernur dan instansi lembaga/kementerian, serta perusahaan swasta seperti Bank.