Info tentang Program Organisasi Penggerak (Sekolah Penggerak)

Apa itu Program Organisasi Penggerak? Program Organisasi Penggerak adalah program yang digagas oleh Kemendikbud mengajak seluruh organisasi kemasyarakatan bidang pendidikan bergerak bersama secara nyata memajukan pendidikan di Indonesia.

Tujuan dari Program Organisasi Penggerak adalah untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

Program Organisasi Penggerak ini diharapkan dapat membantu menginisiasi Sekolah Penggerak yang idealnya memiliki empat komponen. Pertama, Kepala Sekolah memahami proses pembelajaran siswa dan mampu mengembangkan kemampuan guru dalam mengajar. Kedua, Guru berpihak kepada anak dan mengajar sesuai tahap perkembangan siswa.

Dalam hal Program Organisasi Penggerak ini, Kemendikbud mendorong hadirnya ribuan Sekolah Penggerak yang akan menggerakan sekolah lain di dalam ekosistemnya sehingga menjadi penggerak selanjutnya.

Program Organisasi Penggerak melibatkan sejumlah organisasi kemasyarakatan dan relawan pendidikan dengan rekam jejak baik dalam implementasi program pelatihan guru dan kepala sekolah.

Nantinya organisasi penggerak ini akan mengikuti pelatihan yang terbukti efektif meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa sehingga diharapkan turut mendorong kualitas guru dan kepala sekolah.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Plt. Dirjen GTK) Supriano mengajak seluruh organisasi kemasyarakatan yang selama ini berkiprah nyata di bidang pendidikan, bergabung mewujudkan Sekolah Penggerak.

Organisasi penggerak yang terpilih akan menyelenggarakan program rintisan peningkatan kualitas guru dan kepala sekolah di bidang literasi dan numerasi selama dua tahun ajaran, yaitu tahun 2020 hingga 2022 pada jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD), sekolah dasar (SD), dan sekolah menengah pertama (SMP).

Rencananya, program Organisasi Penggerak akan meningkatkan kompetensi 50.000 guru, kepala sekolah dan tenaga kependidikan di 5.000 PAUD, SD dan SMP.

Program Organisasi Penggerak memiliki 3 tipe program, yaitu:
a. Kategori Gajah
Kategori Gajah akan mendapatkan suntikan dana maksimal Rp20 miliar/tahun/program dengan sasaran lebih dari 100 PAUD/SD/SMP.

b. Kategori Macan
Kategori Macan akan memperoleh dukungan dana maksimal Rp5 miliar/tahun/program dengan sasaran 21 sampai 100 PAUD/SD/SMP.

c. Kategori Kijang
Kategori Kijang akan mendapat dukungan dana maksimal Rp1 miliar/tahun/program dengan sasaran 5 sampai 20 PAUD/SD/SMP.

Pencairan dana kepada penerima bantuan dilakukan dalam dua tahap. Penyaluran Tahap I sebesar 60%. Pencairan Tahap II sebesar 40%.

Demikianlah Info tentang Program Organisasi Penggerak. Kiranya bermanfaat bagi anda yang ingin menjadi bagian dari Program Organisasi Penggerak.

Komentar