Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh agar Kebal Virus

Banyak virus dan bakteri di hadapan kita. Jika daya tahan tubuh kita lemah, maka kita akan mudah terserang berbagai penyakit oleh sebab virus, kuman dan bakteri mampu menyerang tubuh kita. Hal ini diakibatkan lantaran daya tubuh kita sedang lemah. Pada saat imunitas daya tahan tubuh kita sedang turun, maka berbagai virus dan bakteri itu gampang dengan masuk menyerang sistem daya tahan tubuh kita.

Agar kuman dan virus jahat tersebut tidak dengan mudah memasuki tubuh kita, maka setidaknya kita harus meningkatkan kekebalan daya tubuh kita itu. Dengan daya tubuh yang kuat maka virus dan bakteri jahat tersebut akan kesulitan menyerang sistem imun kita.

Namun, jangan berprasangka dulu. Seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang kuat belum tentu seseorang itu bebas dari penyakit. Akan tetapi, jika memiliki kekebalan tubuh yang baik akan membantu menjadi benteng diri kita untuk melawan bakteri dan virus jahat.

Lalu bagaimana mengetahui bahwa tubuh kita mengalami daya tahan tubuh yang lemah? Mungkin diantaranya kita, kita tidak bisa mengenali seperti apa tanda-tanda daya tubuh yang lemah. Bagi anda yang ingin mengenali ciri-ciri daya tahan tubuh sedang lemah berikut 10 tanda-tanda atau ciri sedang mengalami kekebalan tubuh sedang lemah:
  1. Selalu merasa lelah. Walau tidak melakukan aktivitas yang berat, tapi merasa lelah, letih dan lesu itu mendandakan bahwa kekebalan tubuh anda sedang lemah.
  2. Infeksi jamur dan sariawan. Anda memiliki infeksi jamur pada kulit anda dan sering sariawan, itu juga gejala sistem kekebalan tubuh anda sedang lemah.
  3. Dua atau lebih infeksi sinus dalam setahun. Anda dalam setahun mengalami dua atau lebih infeksi sinus menandakan bahwa ada masalah pada kekebalan tubuh anda yang sedang turun.
  4. Demam ringan. Anda sering demam ringan dan berat? Hati-hati itu juga pertanda anda sedang mengalami masalah imunitas yang buruk.
  5. Ruam. Kondisi Ruam pada kulit anda menunjukkan sedang pertanda kekebalan tubuh anda baik atau tidak.
  6. Kesemutan atau mati rasa di tangan dan kaki juga pertanda buruk bahwa kekebalan tubuh anda bermasalah.
  7. Masalah pada sendi. Sendi sakit pada bagian tubuh menandakan bahwa sistem kekebalan tubuh seseorang baik atau tidak.
  8. Anda mengalami masalah pada kesulitan menelan makanan? Itu juga pertanda bahwa anda mengalami masalah pada daya tubuh yang lemah.
  9. Adanya bercak putih pada kulit menandakan bahwa sistem daya tubuh anda lemah.
  10. Masalah pencernaan yang menerus. Pencernaan yang bermasalah khususnya masalah pada maag kronis merupakan tanda bahwa kekebalan tubuh sedang lemah.

Jika kita sudah mengetahui gejala daya tubuh kita lemah, lalu apa yang harus kita lakukan? Yang perlu anda perbuat adalah usaha-usaha meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk meningkatkan imunitas tubuh, tidaklah gampang. Harus memiliki tekad yang kuat untuk meningkatkan imunitas. Berikut ini adalah cara meningkatkan daya tahan tubuh yang patut anda coba.
  1. Banyak mengonsumsi Vitamin A. Vitamin A banyak bersumber dari produk susu, daging unggas, sayuran, ikan dan daging sapi. Kekurangan vitamin A dapat membuat kekebalan tubuh Anda menjadi lebih rentan.
  2. Konsumsi vitamin C. Anda tau kan vitamin c itu bersumber dari mana saja? Ya, vitamin C ini banyak terdapat di buah-buahan, misalnya jeruk, melon, mangga, stroberi, pepaya, kiwi dan lain sebagainya.
  3. Perbanyak konsumsi vitamin E. Sebagai pelengkap, silahkan anda mengkonsumsi vitamin E. Vitamin E sangat membantu untuk meningkatkan imunitas tubuh anda. Vitamin E ini banyak bersumber dari biji-bijian. Misalnya biji labu, biji matahari dan kacang-kacangan. Selain itu vitamin e juga dapat bersumber dari buah-buahan, seperti buah mangga, alpukat, dan kiwi. Vitamin e juga terdapat di sayur-sayuran seperti bayam, brokoli dan Paprika merah.

Itulah 3 cara meningkatkan daya tahan tubuh yang wajib anda ketahui. Intinya makan dan minumlah sumber vitamin A, vitamin C dan Vitamin E.

Sekarang, bagaimana cara menjaga daya tahan tubuh? Tidak cukup hanya sekadar meningkatkan, kita juga harus tahu menjaga daya tahan tubuh. Berikut ini adalah uraian langkah agar imunitas tubuh dapat terjaga dengan baik sehingga virus, bakteri dan kuman pun tidak bisa menyerang tubuh kita.
  1. Hati yang gembira. Tujuannya adalah agar batin dan jiwa kita merasa bahagia. Sehingga kekebalan tubuh kita pun tetap terjaga dengan baik. Makanya ada istilah obat yang manjur adalah hati yang gembira. Gembira itu dapat di dapat dari sering tertawa. Dimana ada tertawa, disitu ada kebahagiaan. Tertawa dapat meningkatkan level antibodi anda.
  2. Hindari minum alkohol. Kita sering lupa bahwa mengonsumsi alkohol bisa membuat kekebalan tubuh seseorang menjadi lemah. Karena didalam alkohol terdapat metabolik yang dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Hindarilah minum alkohol.
  3. Tidur selama 6-8 jam perhari. Tidur nyenyak 6-8 jam cukup untuk menjaga daya tahan tubuh anda. Sebaliknya, kekurangan tidur sangat mengganggu sistem imunitas tubuh. Dengan istirahat yang cukup, sistem kekebalan akan menghasilkan sel yang baik untuk mempertahankan imunitas tubuh.
  4. Berjemur sinar matahari. Waktu terbaik bagi anda untuk berjemur adalah di pagi hari sebelum jam 10. Berjemur sinar matahari pagi sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan sinar matahari pagi yang terpapar ke dalam tubuh kita terdapat sel-sel yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu terdapat vitamin D alami yang dibutuhkan oleh tubuh dan kulit kita.
  5. Makan secara teratur. Orang yang sering melalaikan jam makan teratur, maka seseorang itu akan terganggu pencernaannya. Pencernaan yang terganggu otomatis akan berdampak pada sistem kekebalan tubuh anda. Makanlah 3 kali secara teratur. Jangan suka menunda-nunda waktu makan anda.
  6. Pola hidup sehat. Dalam menjalani kehidupan ini usahakan selalu menerapkan pola hidup sehat. Misalnya, rajin berolah raga, mandi, sering cuci tangan, istirahat yang cukup, hindari begadang, hindari minum-minuman keras. Dengan pola hidup sehat maka badan kita pun sehat.

Kapasitas kekebalan tubuh kita yang kuat akan mampu melawan segala bentuk infeksi virus dan bakteri. Dalam hidup ini, kita harus memperkuat imunitas tubuh dalam rangka melawan serangan penyakit. Berikut ini obat dan suplemen multivitamin yang dijual di apotik yang bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh yang sudah teruji:
  1. Alkaline-C Food Supplement
  2. Stimuno Forte dan Stimuno Syrup 
  3. The Right C
  4. Holisticare Ester C
  5. Vitalong C
  6. Enervon C Multivitamin
  7. You C-1000
  8. Blackmores Vitamin C
  9. Airborne Vitamin C
  10. Puritans Pride Mega Vita-Min™ Multivitamin
  11. Redoxon Triple Action
  12. Nutrimax Complete Plus
  13. Nature’s Way Complete Daily Multivitamin
Jangan stres. Stres sangat merusak sistem kekebalan tubuh Anda. Jika anda dihadapkan pada masalah dan persoalan hidup, usahakan jangan sampai membuat anda stres.

Lain daripada itu janganlah merokok. Pastilah merokok dapat menurunkan imunitas tubuh anda. Karena didalam rokok itu banyak racun yang dapat merusak jaringan tubuh anda, terutama bagian paru.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita juga dapat membuat resep dari bahan-bahan alami yang bermanfaat bagi sistem imunitas tubuh kita. Berikut 7 bahan bumbu tradisional penambah daya tahan tubuh.
  1. Wedang tahu
  2. Wedang sari
  3. Wedang susu rempah
  4. Wedang teh jahe
  5. Kunyit asam
  6. Jamu beras kencur
  7. Jamu jakutes

Silahkan racik sendiri dirumah. Kalau anda tidak tahu cara meraciknya silahkan cari di internet.

Jagalah daya tahan tubuhmu sejak dari sekarang. Agar virus dan bakteri tidak mudah menyerang sistem kekebalan tubuh anda. Dari ulasan ini, anda harus menerapkan pola hidup yang sehat. Agar senantiasa hidup sehat dan terhindar dari penyakit.

kalau anda bisa meningkatkan daya tahan tubuh, anda akan kebal terhadap virus. Kalaupun tidak bisa meningkatkan, minimal menjaga imunitas.

Komentar