Cara Menghidupkan dan Mengatur Suhu AC Agar Hemat Listrik

Beli AC untuk dipasang di rumah, pastinya akan membuat listrik anda menjadi cepat habis pulsa. AC (Air Conditioner) sejatinya boros listrik. Oleh sebab itu, sebelum memikirkan untuk memasang AC di rumah Anda, ada baiknya pertimbangkan resiko yang anda hadapi,yaitu tagihan listrik yang besar atau pulsa token listrik cepat habis.

Perbedaan sebelum anda memasang AC dan setelah anda memasang AC akan terlihat jauh berbeda. Ketika dirumah anda belum terpasang AC, biasanya pulsa listrik tidak cepat habis. Tetapi, setelah anda nanti memasang AC di kamar atau dirumah akan membuat rekening tagihan listrik anda akan membengkak atau pulsa listrik anda akan terasa cepat habis.

Sesungguhnya tidak ada pasang AC yang justru menghemat listrik, tetapi sebaliknya akan boros listrik.

Berikut adalah beberapa merek AC terkenal yang banyak dijual di toko-toko elektronik:
  1. Daikin
  2. Sharp
  3. Panasonic
  4. Gree
  5. LG
  6. Samsung
  7. Aux
  8. Changhong
  9. Haier
  10. Mitsubishi
  11. Denpoo
  12. Midea

Tingkat keborosan dan keiritan, tergantung dari merk AC. Ada yang boros sekali dan ada yang irit.

Langkah-langkah pengiritan dan penghematan arus listrik ketika memasang AC dirumah sejatinya sudah harus diterapkan oleh masing-masing perusahaan pembuat AC. Bagaimana cara agar AC dapat membuat suhu menjadi dingin tetapi tidak boros listrik. Bisa saja suatu saat nanti ada penemuan AC yang hemat listrik seperti sehemat TV.

Berikut ini adalah 2 Cara Menghidupkan AC Agar Hemat Listrik:

1. Menghidupkan AC disaat butuh
Cara hemat listrik AC adalah dengan menghidupkan AC ketika saat diperlukan. Ketika cuaca sedang sejuk atau dingin, jangan hidupkan AC. Hidupkan AC ketika anda sedang gerah sekali atau sedang kepanasan. Menghidupkan AC secara terus menerus 24 jam nonstop akan membuat pulsa listrik anda habis seketika. Ketika anda pergi kerja keluar rumah, jangan sampai anda lupa mematikan AC kamar atau rumah. Ada loh orang seperti itu, lupa matiin AC karena buru-buru berangkat kerja atau kuliah.

2. Atur Suhu diatas 25 Celcius
Prinsip boros hemat AC adalah sebagai berikut: Jika suhu AC semakin kecil maka semakin cepat pulsa listrik habis. Misalnya jika suhu dibuat diangka 16 C, maka mesin AC akan bekerja ekstra untuk mendinginkan mencapai 16 C, sehingga arus listrik untuk memompa 16 C akan terkuras. Rekomendasi untuk anda pemakai AC, buatlah diangka diatas 25 C hingga  29 C.

Hanya 2 cara diatas lah yang terbukti menghemat listrik di rumah Anda.

Jika anda mau membuktikan hal itu, cobalah terapkan.

Jangan anda tergoda dengan iklan yang mengatakan AC merek tertentu hemat listrik. Pada dasarnya semua barang elektronik yang dihidupkan dengan listrik akan menghabiskan pulsa listrik di rumah Anda. Televisi aja menyedot pulsa listrik apalagi AC?

1 AC dirumah membutuhkan biaya listrik sebesar Rp. 100.000 hingga Rp. 200.000/bulan. Dengan pemakaian 15-20 jam setiap hari.

Mengapa orang harus memasang AC dirumah untuk diruangan kamar atau diruang tamu? Salah satu alasan yang masuk akal adalah karena kepanasan atau kegerahan didalam tubuh. Sehingga membuat seseorang itu keringatan. Muncullah ide untuk membeli AC.

Salah satu manfaat memasang AC di kamar dan di ruang tamu adalah untuk mendinginkan suhu di ruangan. Dengan kesejukan dan kedinginan ruangan, maka seseorang itu akan merasakan suasana dingin dan sejuk bak di kampung halaman yang asri.

AC mampu membuat kita tidur dengan lelap. Namun AC juga mampu merogoh kocek kita untuk keluarkan beli pulsa untuk bisa terus menikmati dinginnya AC didalam rumah.

Lalu pertanyaannya adalah dari beberapa merk AC dipasaran, merek apakah yang paling IRIT? Tidak ada yang dapat memastikan merek apa yang paling irit. Akan tetapi anda harus menyimak setiap iklan yang ditayangkan di TV atau radio, pelajari bagaimana bahasa iklannya yang mengatakan AC tersebut paling hemat. Ketika anda sudah memutuskan untuk membeli AC, pilihlah yang menurut anda paling hemat namun cepat dingin.

Sambil menikmati sejuk dan dinginnya ruangan kita berkat AC, kita harus berupaya maksimal untuk mendapatkan penghasilan perbulannya agar kita dapat mampu membeli pulsa listrik atau membayar tagihan listrik.

Bagi anda mahasiswa jurusan elektronika yang sedang kos, ketika menghidupkan AC di kamar kost, disarankan anda harus memikirkan ide yang positif agar kiranya anda dapat menciptakan AC (Air Conditioner) yang super hemat. Minimal anda berpikir bagaimana cara untuk menemukan alat untuk AC yang mampu menghemat listrik 50 % atau diatasnya.

AC paling hemat listrik sangat diburu oleh para ibu rumah tangga yang ingin membeli AC.

Coba seandainya anda dapat menciptakan AC yang super hemat listrik, maka semua orang akan membeli AC dan memasangnya ditiap-tiap ruangannya.

AC adalah ciptaan manusia. Sampai dengan postingan ini dipublish, belum ada AC yang sangat terbukti irit listrik. Kiranya anak-anak yang baru lahir nantinya dapat menciptakan AC yang sedikit makan arus dan memproduksinya untuk kepentingan masyarakat yang kegerahan dan kepanasan.

Mode AC pada umumnya terdiri atas, yaitu:
  1. Mode Dry
  2. Mode Cool
  3. Mode Sleep
  4. Mode Fan

Mode manakah yang paling hemat? Jawabannya adalah relatif. Tergantung tujuan anda memasang AC dan kondisi cuaca. Pada umumnya orang memasang AC adalah untuk mendinginkan ruangannya. Oleh sebab itu, agar tujuan Anda tercapai pilihlah mode kuuull (ditulis  cool) dengan mengatur suhu lebih besar dari 25 C.

Bagi anda yang saat ini telah memasang AC di rumah anda dan ingin agar tidak boros listrik, sebaiknya anda harus lebih memahami bagaimana cara yang benar hemat listrik. Cara diatas bisa anda terapkan, yaitu dengan cara mengatur suhu diatas 25 C dan menghidupkan AC disaat perlu saja.

Komentar