Prosedur dan Cara Pendaftaran KIP Kuliah Tahun 2020

Pendaftaran SNMPTN dengan mengajukan KIP (Kartu Indonesia Pintar) akan dibuka mulai tanggal 2 sampai 31 Maret tahun 2020. Pendaftaran KIP ini adalah diperuntukkan bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang belum memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Program KIP Kuliah ini adalah bentuk perhatian dan pedulian pemerintah bagi keluarga kurang mampu untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi.

Bagi Anda calon mahasiswa yang ingin mendaftar KIP Kuliah tahuun 2020, berikut ini admin uraikan prosedur dan cara Pendaftaran KIP Kuliah Tahun 2020.

Tahapan Pendaftaran KIP Kuliah:
Siswa melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps.

Siapkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif untuk dimasukkan pada saat pendaftaran.

Setelah pendaftaran selesai, maka Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah.

Bila proses validasi berhasil, selanjutnya Sistem KIP Kuliah akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan.

Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri);

Selanjutnya, Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih.

Sebelum Sistem Pendaftaran KIP Kuliah dibuka, siswa dapat melakukan pendaftaran terlebih dahulu di portal atau sistem informasi seleksi nasional (seperti SNMPTN dan SNMPN). Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host.

Bagi calon penerima KIP Kuliah yang dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, selanjutnya Perguruan Tinggi akan melakukan verifikasi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Demikianlah informasi tentang Prosedur dan Cara Pendaftaran KIP Kuliah Tahun 2020. Semoga bermanfaat.