10 Kisi-kisi soal Tes Intelegensi Umum (TIU) yang PASTI keluar di ujian CAT CPNS

Tes Intelegensi Umum (TIU) adalah salah satu bidang yang akan diujikan dalam soal ujian CPNS. Soal TIU (Tes Intelegensi Umum) sering menjadi momok menakutkan bagi para pelamar ujian CPNS. hal ini dikarenakan karena pada umumnya soal-soal tentang TIU adalah soal yang berkaitan dengan perhitungan matematika dan logika berpikir.

Bagi kamu yang saat ini ingin mengikuti ujian CAT CPNS setidaknya mempelajari kisi-kisi soal Tes Intelegensi Umum (TIU) yang pasti keluar dalam soal ujian CAT.

Berikut adalah 10 materi kisi-kisi ujian cat bidang Tes Intelegensi Umum (TIU).

1.  Analogi
Ini adalah materi tentang mengukur kemampuan individu  dalam bernalar melalui perbandingan dua konsep kata yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi yang lain.

2. Silogisme
Materi silogisme ini dapat dipelajari tentang mengukur  kemampuan individu untuk menarik kesimpulan dari dua pernyataan yang diberikan.

3. Analitis
Tujuannya adalah mengukur kemampuan individu untuk menganalisis informasi yang diberikan dan menarik kesimpulan.

4. Berhitung
Pelajari ilmu tentang kemampuan hitung sederhana

5. Deret angka
Silahkan pelajari tentang pola hubungan angka-angka

6. Perbandingan kuantitatif
Perbandingan  kuantitatif ini adalah untuk mengukur kemampuan individu untuk menarik kesimpulan berdasarkan dua data kuantitatif

7. Soal cerita
Untuk memudahkan mengerjakan soal ini, pelajarilah bagaimana mengukur kemampuan individu untuk melakukan analisis kuantitatif dari informasi yang diberikan.

8. Analogi
Tujuan tes Analogi adalah untuk mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua gambar yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi lain.

9. Ketidaksamaan
Soal-soal ini bertujuan untuk mengukur kemampuan individu untuk melihat perbedaan beberapa gambar.

10. Serial
Soal-soal ini bertujuan mengukur kemampuan individu dalam melihat pola hubungan dalam bentuk gambar.

Itulah 10 Kisi-kisi soal Tes Intelegensi Umum (TIU) yang sering keluar di ujian CAT CPNS. Diharapkan calon pelamar untuk selalu memahami dan mempelajari kisi-kisi TIU ini agar anda mendapatkan nilai yang bagus.