Membentuk MGMP SD, SMP, SMA/SMK melalui pola Kelompok Kerja Guru (KKG)

Pemerintah terus berusaha meningkatkan kompetensi guru di Indonesia terutama dalam hal peningkatan pembelajaran guru terhadap peserta didik di sekolah.

Umumnya dalam hal peningkatan pembelajaran baik disekolah SD, SMP maupun SMA/SMK salah satu cara yang biasa dilakukan pemerintah adalah dengan cara model MGMP. Model yang biasa itu memang efektif untuk diterapkan. Tetapi untuk lebih uptodatenya pemerintah harus mengubah pola itu. Pola atau model MGMP yang baru adalah model MGMP dengan Kelompok Kerja Guru (KKG).

MGMP dengan Kelompok Kerja Guru (KKG) adalah salah satu model efektif yang digunakan untuk peningkatan kompetensi pembelajaran para guru sesama mapel sejenis atau mungkin serumpun mereka berhimpun dalam satu forum dalam rangka melakukan aktivitas yang dalam pedomannya sudah diatur oleh Kemendikbud.

Adapun konsep dan strategi yang dapat diterapkan dalam peningkatan pembelajaran melalui MGMP dengan Kelompok Kerja Guru (KKG) ini adalah 5 kali In, 3 kali On. 5 kali In, 3 kali On ini artinya adalah In adalah guru berkumpul di satu tempat yang telah ditentukan, di tempat itu perkumpulan guru menyamakan persepsi, mendiskusikan konsep, menyepakati masalah yang akan dibahas, hingga menyiapkan langkah-langkah yang akan dilakukan oleh anggota MGMP atau KKG untuk pelaksanaan proses On. On itu termasuk pre-test dan post test-nya setara dengan 82 jam

Lalu, akankah MGMP dengan KKG ini bisa berjalan? Maka yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan dan Direktorat Pembinaan Guru adalah menyiapkan calon guru inti. Calon guru mengikuti bimbingan teknis. Kemudian guru inti ini nantinya ditunjuk menjadi fasilitator, menjadi koordinator dan menjadi narasumber dalam kegiatan MGMP dengan KKG untuk jenjang SD/SMP/SMA/SMK.

Bukan cuma itu, MGMP juga harus diberi dukungan berupa bantuan operasional yang diberikan oleh pemerintah.

Jika ini terealisasi, maka pola pelatihan yang selama ini dilakukan dengan cara memanggil guru-guru ke satu tempat, misalkan di hotel-hotel, di P4TK dan di LPMP menjadi berhimpun dalam satu forum.