4 Cara mengelola dana BOS agar tepat sasaran dan bermanfaat

Sekolah anda sudah menerima bantuan operasional sekolah belum? Silahkan cek apakah sekolah anda ditetapkan sebagai penerima BOS afirmasi ataupun BOS kinerja. Setelah terbukti sah bahwa sekolah anda menerima dana BOS maka bersyukurlah karena bantuan itu bisa sedikit membantu kegiatan operasional di sekolah Anda.

Pemerintah selalu rutin memberikan dana BOS mulai dari SD, SMP, SMA/SMK dan SLB untuk sekolah swasta dan negeri. Tiap sekolah sangat mengharapkan agar sekolah mereka selalu menerima bantuan tersebut. Dengan bantuan tersebutlah sebagian biaya-biaya kegiatan operasional penunjang sekolah dapat terbayarkan. Misalnya untuk membayar gaji guru, membayar tagihan bulanan maupun membeli laptop.

Namun, banyak orang khususnya kepala sekolah yang tidak sanggup dalam mengelola dana BOS. Hal ini disebabkan salah satunya karena belum mengetahui juknis BOS yang telah ditetapkan oleh kemdikbud. Terkadang ada saja oknum kepala sekolah, bendahara sekolah bahkan oknum ketua yayasan yang sengaja dan tanpa sengaja menggelapkan atau korupsi dana BOS. Sehingga penggunaan dana BOS tidak tepat sasaran yang seharusnya diperuntukkan pada fungsinya.

Nah, bagi kamu seorang kepala sekolah, bendahara sekolah, ketua/pemilik yayasan dan tenaga pendidik yang terkait, simak ulasan bagaimana tips dan cara agar penggunaan dana BOS ini tepat sasaran.

Cara mengelola dana BOS dan agar tepat sasaran.

1. Pahami Juknis BOS
Bersamaan dengan pencairan dana BOS Kemdikbud juga menjelaskan bagaimana petunjuk teknis dalam pengelolaan dana BOS. Tujuannya adalah agar dana BOS dapat dialokasikan tepat pada fungsinya. Selain itu juknis juga mengajarkan cara penggunaan dana itu, agar dana BOS dapat diperuntukkan untuk hal -hal yang berkaitan dengan operasional sekolah. Agar dana BOS tidak salah sasaran, anda pelajari dan pahamilah juknis tersebut. Gunakan dana itu hanya perpedoman pada petunjuk teknik yang ditetapkan.

2. Berkonsultasi ke sekolah lain.
Anda juga bisa berkonsultasi ke kepala sekolah yang lain. Mungkin saja kamu memiliki teman baik yang saat ini menjabat sebagai kepala sekolah di tempat lain. Maka tidak salah jika anda belajar dan bertanya padanya bagaimana selama ini mereka mengelola dana bos itu sehingga tepat sasaran.

3. Berdiskusi ke dinas pendidikan
Hal yang sangat tepat adalah anda boleh datang berkunjung ke dinas pendidikan. Anda boleh menjumpai orang yang berpengalaman dan berwenang dalam pengawasan dana BOS. Diskusikan dan bertanyalah pada beliau bagaimana format dan prosedur pengeluaran dana bos itu. Apa saja yang bisa dibeli dengan uang BOS itu dan apa-apa saja yang bisa dibayar pakai uang dana BOS. Dengan kedatangan Anda diskusi ke dinas pendidikan terkait dengan cara mengelola dana BOS, pihak dinas akan merasa senang terhadap Anda. Dan mereka pasti menilai anda adalah kepala sekolah yang bertanggungjawab, berdedikasi dan profesional.

4. Jauhkan niat Korupsi
Melihat uang yang banyak bisa membutakan mata dan hati setiap orang. Jangan sampai Anda memiliki mata duitan. Jika anda memiliki mata duitan, segera berubah. Ubahlah hati anda agar jangan sampai ikut-ikutan berniat menggelapkan uang dana bos. Ketika anda terlanjur dan terbukti korupsi dana BOS anda bisa dipenjara. Usahakan dalam melihat uang dana BOS itu yang anda pikirkan dan tanamkan dalam prinsip anda adalah jangan gara-gara uang dana BOS ini aku bisa dipenjara. Dengan memiliki prinsip takut dipenjara, maka dipastikan dana BOS bisa aman dan selamat.

Demikian 4 Cara mengelola dana BOS dan agar tepat sasaran. Semoga artikel ini membuat orang-orang untuk tidak bertekad menggelapkan dana BOS.

Postingan populer dari blog ini

Doa Kristen Sebelum Tidur Singkat, Padat dan Jelas

Biaya Kuliah T.A 2021/2022 Universitas Malahayati

Jadwal Pendaftaran PPDB T.A 2021/2022 SD, SMP dan SMA/SMK