4 Cara Menenangkan Anak TK yang Ribut ketika Belajar di Kelas

Guru TK itu tidaklah segampang yang kita pikirkan. Sementara banyak guru TK diluar sana yang sedikit kebingungan lantaran siswanya kadang ribut ketika belajar entah itu didalam kelas maupun diluar kelas. Hal ini menimbulkan guru TK tidak berfokus pada penyampaian pembelajaran. Melihat tingkah anak-anak TK yang terkadang ribut, membuat kepala sang guru pening.

Siswa TK ribut ketika belajar, itu adalah karena ada sesuatu yang kurang. Entah itu cara penyampaian belajar yang salah atau kurang strategis. Banyak cara yang harus dilakukan agar siswa tetap tenang dan fokus mendengar suara gurunya.

Nah, bagi kamu seorang guru TK yang saat ini sedang pening menghadapi siswa anak TK yang suka ribut di kelas, berikut ini akan saya paparkan cara menenangkan anak TK yang ribut di kelas.

Yang pertama adalah gunakan media/alat peraga dan benda. Ketika mengajar, anda dapat menunjukkan alat peraga atau benda yang sesuai dengan topik pembelajaran. Sehingga anak-anak akan menjadi tertarik untuk mendengarkan guru. Jangan sampai anda tidak menggunakan alat/benda ditangan anda. Hal ini bisa membuat anak-anak tidak menarik perhatian anda.

Lalu cara yang kedua adalah gunakan kata-kata yang dapat memotivasi dan mendengar suara anda. Anda dapat menggunakan kata-kata yang menghibur atau mengajak. Contoh kata-katanya HAI... Anak-anak ku Sayang... Gunakanlah kata-kata seolah-olah anda itu masih anak-anak. Gunakan bahasa anak-anak. Menggunakan kata-kata remaja atau dewasa mengakibatkan siswa tk tidak merasa tertarik mendengar Anda.

Selanjutnya cara yang ketiga adalah menggunakan teknologi. Maksud dari teknologi ini adalah alat perangsang yang dapat membuat anak-anak menjadi fokus. Misalnya anda dapat memutar video atau gambar melalui laptop yang ditampilkan di Infokus. Selanjutnya anda juga dapat memanfaatkan speaker untuk memainkan musik atau suara yang dapat merangsang anak-anak menjadi fokus dan tenang.

Cara yang terakhir adalah teknik nada suara. Ketika anda mengajar sesekali buatlah nada suara anda tinggi dan suara besar. Dengan nada suara besar anak-anak menjadi fokus mendengar. Terkadang buat juga nada suara anda kecil, agar anak-anak merasa terangsang dan membuat anak-anak terfokus pada guru.

Itulah 4 cara menenangkan siwa TK yang ribut belajar di kelas. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang berprofesi guru TK. Kiranya anak-anak menjadi tetap tenang dan tidak mudah bosan.

Postingan populer dari blog ini

Biaya Kuliah Universitas HKBP Nommensen Medan 2021/2022 (UHN)

Doa Kristen Sebelum Tidur Singkat, Padat dan Jelas

Jadwal Pendaftaran PPDB T.A 2021/2022 SD, SMP dan SMA/SMK