4 Cara melaporkan Penyelewengan dana BOS agar di tangkap

Sebenarnya untuk apa dana bos? Dana BOS itu digunakan untuk membayar gaji guru, membeli sarana dan prasarana sekolah.

Dana bantuan operasional sekolah (BOS) sangat rawan penyelewengan dan rawan korupsi. Hal ini ditandai dengan masih ada oknum yang menyelewengkan dana BOS. Pelaku penggelapan dana bos oleh oknum kepala sekolah pantas untuk dilaporkan agar diproses dan ditangkap.

Bentuk-bentuk modus penyelewengan dana bos sangat beragam. Contoh kasus korupsi dana bos yaitu Kepala Sekolah menyetor uang tertentu kepada pengelola dana BOS di diknas dengan alasan agar mempercepat proses pencairan dana BOS. Selain itu ada juga modus pembelian alat dan prasarana dengan kuitansi palsu.

Kita berhak tahu dana bos ini dipergunakan untuk keperluan semestinya. Dana bos ini bukan untuk dikorupsi.

Jika anda mengetahui oknum kepala sekolah menyelewengkan dana bos dan memiliki bukti yang kuat anda dapat melaporkan oknum kepsek itu agar ditangkap.

4 Cara melaporkan Penyelewengan dana BOS agar di tangkap

1. Lapor ke wartawan
Agar cepat tersebar dan cepat diproses anda dapat melaporkan ke wartawan. Saat wartawan sudah membuat berita di koran atau TV maka guru, siswa dan orang tua akan mengetahui dengan jelas informasi itu. Dengan tersiar di berita koran dan TV maka pemerintah terkait akan segera memprosesnya.

2. Lapor ke polisi
Setelah ke wartawan anda juga dapat melaporkan dugaan korupi dana BOS yang dilakukan oleh oknum kepala sekolah. Polisi pasti akan menindak dan memproses oknum kepsek itu. Minimal, kalau sudah terbukti si kepsek dapat langsung diseret kekantor polisi terdekat.

3. Lapor ke KPK
Cara ketiga ini adalah salah satu cara yang bagus. Melaporkan dugaan korupsi dana bos oleh kepsek ke KPK akan cepat langsung di proses.

4. Melaporkan ke Kemdikbud
Cara yang terakhir adalah langsung melaporkan ke Kemdikbud. Setelah menerima laporan anda, pihak kemdikbud akan segera turun langsung untuk menangkap si oknum kepsek.

Demikianlah 4 Cara melaporkan Penyelewengan dana BOS agar di tangkap. Anda dapat melaporkan dan mengadukan oknum kepsek yang telah terbukti menyelewengkan dana BOS baik secara online, lewat telpon, SMS maupun secara langsung. Jika anda ingin mengadukan lewat surat, anda dapat melihat contoh surat pengaduan dana bos di Internet.