6 Cara agar Sinkronisasi Dapodik versi terbaru Sukses tanpa masalah

Sering gagal dalam mensinkronisasi dapodik versi terbaru? Iya, masalah ini sering muncul lantaran Anda tidak tau bagaimana cara agar langkah sinkronisasi dapodik ini berhasil. Lantaran dapodik terus update dari waktu-waktu maka harus dilakukan upgrade ke versi terbaru agar sistem dopodik lancar diakses.

Nah, bagi kamu yang sering gagal dalam proses sinkronisasi dapodik berikut saya uraikan cara agar proses sinkronisasi Dapodik berhasil dan tidak menimbulkan eror dan masalah lainnya.


1. Bersihkan histroy web browser

Sebelum melakukan sinkronisasi, sebaiknya bersihkan dahulu histroy pada web browser yang anda pakai. Hapus semua history penelusuran google anda. Agar bersih dari data dan virus yang tidak penting.


2. Koneksi internet stabil

Internet yang lemot dan tidak kencang, akan membuat proses sinkronisasi terganggu lantaran internet kadang putus-putus. oleh sebab itu gunakanlah jaringan layanan internet yang stabil. Kalau saran dari aku gunakanlah internet Speedy Indihome. Karena internetnya stabil. Nantinya anda dapat mengkoneksikan lewat jaringan kabel LAN, biar lancar. Tetapi kalaupun tidak ada speedy, anda juga bisa menggunakan hotspot langsung dari HP anda. Sinkronisasi menggunakan hotspot dari smartphone bisa-bisa saja, asal koneksi internetnya stabil dan lancar.


3. Lakukan sinkronisasi di luar jam sibuk

Ketika jam kerja, banyak orang lain yang secara bersamaan melakukan sinkronisasi. Hal ini menjadi salah satu pemicu terhambatnya proses sinkronisasi. Saya menyarankan bagi anda agar kiranya melakukan sinkronisasi dijam dini hari. Di jam-jam tersebut, tidak banyak orang yang melakukan sinkronisasi karena orang-orang itumasih tidur.


4. Aktifkan Server Dapodik

Pastikan bahwa server dapodik dalam keadaan aktif. Sebeb, jika tidak aktif maka proses pengiriman data sekolah ke server pusat. Pastikan juga bahwa server tidak dalam keadaan sedang dalam perbaikan. Jika masih dalam perbaikan maka sinkronisasi tidak bisa dilakukan.


5. Validasi data

Terkadang proses validasi ini lupa, langsung langsung saja klik Menu sinkronisasi. Padahal kalau kita klik sinkronisasi tanpa harus validasi itu tidak boleh. Maka, agar proses sinkronisasi dapat berjalan, terlebih dahulu validasi data. Setelah proses validasi data usai, selanjutnya klik lah menu sinkronisasi.


6. Instal ulang Dapodik

Jika proses sinkronisasi Dapodik anda masih masih gagal juga, maka saya sarankan agar menginstal ulang dapodik di komputer/laptop Anda. Hal ini dikarenakan mungkin pada saat penginstalan tidak dilakukan dengan petunjuk yang benar. Sebelum instal ulang, pastikan anda terlebih meng-unistal dapodik dan bersihkan semua filenya. Agar sistem file dapodik yang lama bersih dari laptop/komputer anda.

Demikianlah 6 Cara agar Sinkronisasi Dapodik versi terbaru Sukses tanpa masalah. Kiranya anda dapat berhasil dalam Sinkronisasi Dapodik.