Ini sebab pelamar gagal ikut seleksi CPNS 2019


Sebelumnya di umumkan bahwa pemerintah akan membuka penerimaan CPNS tahun 2019 yang akan direncanakan pada bulan Oktober nanti. Sebelum Anda mempersiapkan diri untuk ikut cpns sebaiknya ketahui kendala yang dihadapi calon pelamar saat mendaftar CPNS. Seperti umumkan dalam pengumuman yang dirilis pemerintah pada hari Selasa, 30 Juli 2019 kemarin, berikut adalah kendala-kendala yang dihadapi para pelamar yang dapat mengakibatkan peserta tidak memenuhi syarat Administrasi dan gagal untuk ikut ke tahap selanjutnya.

1. Database kependudukan yang tidak update, terutama kesulitan pelamar melakukan update Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) di Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) daerah dan pusat.

NIK dan Nomor KK diperlukan untuk mendaftar CPNS. Oleh sebab itu jika Anda mengalami masalah pada NIK dan nomor  KK, segera hubungi Dukcapil daerah Anda.

2. Sejumlah ijazah pelamar tidak sesuai kualifikasi Pendidikan yang dipersyaratkan.
Jangan pilih formasi jabatan yang tidak sesuai dengan pendidikan/ijazah Anda. Misalnya, jika suatu formasi jabatan mensyaratkan lulusan D3 Komputer. Maka Anda yang memiliki ijazah S1 Komputer tidak boleh memilih formasi jabatan tersebut, karena tidak sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan. Jika suatu formasi jabatan mensyaratkan lulusan S1 Pendidikan + Sertifikat Profesi, jika memilih formasi jabatan tersebut maka Anda harus memiliki ijazah S1 Pendidikan + Sertifikat Profesi.

3. KTP yang diunggah pelamar tidak  jelas/bukan KTP asli. Pada saat mendaftar gunakanlah KTP asli Anda.

4. Sejumlah dokumen pendukung yang dilampirkan tidak lengkap. Persiapkan segala dokumen pendukung yang diminta. Teliti sebelum melampirkan dokumen, periksa apakah sudah lengkap atau tidak.

Sebelum Anda memutuskan untuk mendaftar CPNS, sebaiknya periksa segala dokumen dan persyaratan yang diminta.