Kunjungan Presiden Jokowi ke Huta Siallagan di Samosir

Hari ini, Rabu 31 Juli 2019 Presiden RI Jokowi mengunjungi Huta Siallagan, Desa Ambarita, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

Huta siallagan merupakan kampung adat suku batak toba yang menjadi titik awal sejarah peradaban penegakan hukum di Samosir pada zaman dahulu kala. Di Huta siallagan itu terdapat tempat batu persidangan, yakni tempat raja dan para pejabat memutuskan hukuman untuk seseorang yang melakukan kejahatan.

Dalam kunjungannya mantan Gubernur DKI itu berharap kawasan danau toba bisa memajukan sektor pariwisata. Jokowi ingin destinasi wisata di Danau Toba berkelas super.

Warga berbondong-bondong  menyambut kedatangan orang nomor satu ini untuk sekedar melihat langsung sang Presiden.


Tak ingin melewatkan momen kunjungan ke Batu Persidangan di Huta Siallagan itu, Jokowi menyempatkan diri untuk Duduk di Kursi Batu Raja.

Rencananya, setelah usai mengunjungi Huta Siallagan, Jokowi dan rombongan akan mengunjungi Tanoh Ponggol, yang berlokasi di Kecamatan Pangaruran, Kabupaten Samosir.

Dalam akun Facebook pribadinya, Jokowi menulis dan mengunggah foto:
Kampung Huta Siallagan di Kabupaten Samosir, Sumatra Utara. Di sinilah titik awal sejarah peradaban penegakan hukum di Samosir pada zaman dahulu kala.