4 Alasan Gibran Layak Jadi Calon Walikota Solo


Gibran Rakabuming, anak lelaki Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpeluang untuk maju menjadi calon Wali Kota Solo tahun 2020. Hal ini ditandai dengan masuknya Gibran dalam bursa calon Wali Kota Solo 2020 versi Universitas Slamet Riyadi (Unisri).

Bila Gibran berniat untuk mencalonkan diri calon Wali Kota Solo, saya yakin banyak masyarakat yang akan mendukung beliau tanpa terkecuali saya. Saya sendiri juga akan merasa senang dan tentu mendukung beliau. Saya berpendapat, tidak ada yang melarang seseorang untuk maju menjadi calon wali kota sepanjang memenuhi syarat dan sejauh sesuai dengan prosedur rekrutmen yang berlaku.

Gibran Rakabuming layak maju calon wali kota Solo 2020. Berikut adalah ulasan mengapa Gibran layak untuk maju mencalonkan diri pada bursa calon wali kota Solo.

1. Muda, Entrepreneurship dan lulusan luar negeri
Gibran Rakabuming adalah seorang pengusaha muda yang memiliki jiwa Entrepreneurship. Seseorang yang memiliki jiwa Entrepreneurship diyakini memiliki kemampuan managerial yang mumpuni. Gibran adalah seseorang yang mandiri, sosok pekerja keras dan kaya ide. Ayah dari Jan Ethes itu menempuh pendidikan hingga tingkat SMP di Tanah Air. Setelah lulus SMP, ia melanjutkan sekolahnya di Orchid Park Secondary School, Singapura. Kemudian menempuh pendidikan tinggi di Management Development Institute of Singapore dan University of Technology Insearch, Sydney, Australia pada tahun 2010.

2. Memiliki Popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas
Dari hasil survei yang dilakukan Laboratorium Kebijakan Publik Universitas Slamet Riyadi (Unsri), dari kategori popularitas, nama Gibran muncul dengan angka popularitas tertinggi. Dari total jumlah responden, 90 persennya mengenal Gibran. Dari sisi kategori akseptabilitas, Achmad Purnomo menempati peringkat tertinggi dengan persentase 83 persen, diikuti Gibran 61 persen. Dari segi elektabilitas, Achmad Purnomo menempati urutan pertama dengan angka 38 persen, urutan kedua ditempati Gibran dengan 13 persen.

3. Anak Presiden dan Anak Mantan Walikota Solo
Setiap warga negara memiliki hak untuk mengajukan diri sebagai kepala daerah, tak terkecuali anak Presiden. Gibran, memiliki momentum untuk maju dalam bursa calon wali kota Solo karena ayahnya (Jokowi) adalah seorang presiden dua periode dan sekaligus mantan wali kota Solo.

4. Sang ayah mendukung
Terkait sang anak, Gibran Rakabuming Raka masuk dalam bursa pemilihan wali Kota Solo (Pilwalkot), Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi dengan santai. Di suatu kesempatan Jokowi menuturkan, kedua putranya dan putrinya Kahiyang Ayu merupakan anak-anak yang mandiri. Karenanya, ia mempersilakan Gibran maupun Kaesang menentukan pilihan, apakah tetap menjadi pengusaha atau terjun ke dunia politik. Namun, Mantan gubernur DKI Jakarta itu mengklaim tak mengetahui apa yang menjadi keputusan kedua putranya, terutama si sulung Gibran yang persentase elektabilitasnya terbilang tinggi. Jokowi mengaku mendukung keputusan Gibran kalau nanti memilih di dunia politik ataupun karier dalam bidang usaha.