4 Permasalahan Baterai Smartphone dan Solusinya

Smartphone saat ini sudah menjadi kebutuhan hidup setiap orang. Dengan Smartphone kita bisa bermain game, membayar tagihan, membeli makanan, belanja online, sosial media, dan alat bantu dalam pekerjaan. Terkadang muncul masalah dalam penggunaan Smartphone, kok baterainya cepat habis? Hal ini yang menyebabkan para pengguna Smartphone selalu ngecas Hpnya setiap hari.

Ya, masalah yang sering dihadapi oleh pengguna ponsel saat ini adalah daya baterainya yang tidak tahan lama. Setiap orang menginginkan baterai hp dapat bertahan selama mungkin. Teknologi saat ini harus mencari dan meneliti bagaimana supaya setiap Smartphone di buat dengan daya baterai yang tahan cukup lama dan jangan mudah lowbat. Bila perlu, dipikirkan agar baterai bisa bertahan sebulan atau lebih. Sehingga mencharge baterai Smartphone pun cukup sekali sebulan.


Berikut adalah 4 ulasan tentang permasalahan Baterai Smartphone yang sering di bicarakan oleh banyak orang dan solusinya.

1. Baterai lama terisi penuh
Ini adalah masalah setiap kali ngecas baterai, rasanya kok lama kali ya terisi penuh. Sudah lebih dari satu jam di cas, tapi kok lama terisi penuh. Agar hp cepat terisi penuh anda dapat melakukan tips ini;

a. Mencolokan charger ke steker listrik
Terkadang, kita mengisi baterai hp ke Laptop/PC. Tanpa kita sadari, mengisi baterai ke Laptop/PC malah membuat baterai ponsel semakin lama penuh. Selain itu, jangan ngecas melalui wireless charging. Alasannya, lebih efisien untuk mentransfer energi melalui kabel daripada melalui kontak sederhana dan energi yang terbuang karena hasil transfer yang tidak menggunakan kabel akan bermanifestasi dalam bentuk panas. Agar daya baterai hp cepat terisi dan aman, caslah hp Anda melalui steker listrik.

b. Matikan Aplikasi dan Fitur
Ketika sedang cas smarphone, matikan semua aplikasi dan fitur yang sedang berjalan.

c. Aktifkan Mode Pesawat
Mode pesawat atau Airplane Mode adalah mematikan fungsi signal, maka hp tidak berusaha mencari sinyal maupun menangkapnya sama sekali sehingga dijamin baterai akan lebih cepat penuh.

d. Kabel charger asli
Gunakanlah kabel charger yang berkualitas. Terkadang, hp lama terisi penuh disebabkan pada masalah kabel. Gunakan kabel charger asli dari bawaan ponsel ketika dibeli. Anda juga bisa membeli charger yang lebih cepat dari kabel biasanya di toko-toko penjualan asesoris hp.

2. Agar baterai bisa awet dan tahan lama
Agar baterai Anda aman, awet dan tahan lama perlu melakukan tips ini. Jangan biarkan baterai ponsel anda habis sampai 0%. Kebiasaan ini mempengaruhi kesehatan baterai smartphone. Agar lebih sehat, chargerlah ponsel anda ketika baterai hp anda sudah menunjukkan 40%. Kemudian, jangan biarkan baterai ponsel Anda terisi sampai 100%. Ketika sudah mencapai 90% barulah cas di cabut. Membiarkan ponsel yang sudah terisi penuh 100% masih di cas mengakibatkan baterai bisa mempengaruhi kinerja kesehatan baterai.

3. Baterai ponsel cepat habis
Baterai lebih cepat habis, padahal baru saja di charger. Agar baterai tidak cepat habis, lakukan tips sederhana ini.

Jangan terlalu sering cas hp di power bank. Karena energi yang keluar dari power bank tidak stabil. Akibatnya bisa diprediksi, baterai jadi lebih cepat drop dalam waktu singkat meskipun sudah terisi penuh. Yang kedua, hindari penggunaan Live Wallpaper. Live Wallpaper memang akan mempercantik tampilan smartphone, tetapi akan menyedot daya baterai pada ponsel. Selanjutnya, batasi penggunaan aplikasi yang mengonsumsi baterai paling banyak. Anda bisa memeriksa aplikasi apa saja yang paling boros makan baterai melalui menu pada ponsel Settings > Battery > Battery Usage.

4. Merk HP dengan baterai jumbo dan tahan lama
Setiap orang pasti tidak menginginkan smartphonenya cepat lowbat alias baterai cepat habis. Justru semua orang ingin agar baterai ponselnya awet dan tahan lama. Hampir semua merk smartphone pernah merasakan baterai cepat habis. Adapun merk smartphone yang beredar saat ini antara lain Oppo, Samsung, Vivo, Xiaomi, Nokia, LG, Lenovo, Asus dan merk lainnya. Berikut ini adalah 5 smartphone yang memiliki daya baterai jumbo, kuat dan tahan lama, antara lain Xiaomi Mi Max 2, ASUS ZenFone MAX ZC550KL, Infinix HOT S3, Nokia 2, dan Lenovo ZUX Z1. Untuk detil spesifikasinya silahkan googling di internet.