Rincian Formasi CPNS Tahun 2019


Pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2019 masih menunggu keputusan dari Menpan. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara republik Indonesia belum mengumumkan kapan CPNS tahun 2019 di buka. Sementara pembukaan CPNS akan mengumumkan formasi CPNS setiap instansi yang membuka penerimaan CPNS. Formasi CPNS sangat penting untuk dialokasikan untuk tiap instansi yang membutuhkan beberapa jabatan untuk ditempatkan pada Instansi terkait.


Formasi CPNS adalah berisi informasi pengumuman yang memuat nama
  • Jabatan
Jabatan adalah nama jabatan yang dibutuhkan untuk mengisi suatu formasi.
  • Pendidikan
Pendidikan adalah lulusan yang disyaratkan untuk menempati suatu jabatan tertentu. Apakah pendidikan SMA/SMK, D3, S1 atau S2.
  • Jumlah Alokasi
Jumlah alokasi adalah jumlah formasi yang dibutuhkan untuk suatu jabatan.
  • Unit Penempatan
Unit penempatan adalah rencana di unit/bagian mana akan ditempatkan.

Formasi CPNS juga terbagi dalam beberapa kategori, antara lain:

a. Formasi Eks TH-K2
Formasi ini dikhususkan untuk tenaga honorer K2. CPNS Tahun 2018 kemarin beberapa Instansi membuka formasi khusus tenaga honorer, sementara untuk CPNS tahun 2019 belum bisa dipastikan apakah K2 masih diterima atau tidak.

b.  Formasi Cumlaude
Formasi ini dikhususkan untuk lulusan cumlaude, yaitu bagi pelamar CPNS yang memiliki predikat cumlaude dengan nilai IPK diatas 3.80.

c. Formasi Umum
Formasi umum ini dikhususkan untuk mereka pelamar umum yang sesuai dengan persyaratan penerimaan CPNS secara umum.

Setiap Instansi yang membuka CPNS akan mengumumkan penerimaan CPNS kepada masyarakat. Instansi pemerintah bisa berupa Instansi Kementerian/Lembaga Tinggi Negara, Pemerintah Provinsi (Pemprov), Pemerintah Kota (Pemkot) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Pengumuman CPNS ini biasanya bersamaan dengan pengumuman rincian formasi yang dibutuhkan oleh instansi terkait.

Bila CPNS tahun 2018 formasi yang dibutuhkan antara lain Tenaga Guru, Tenaga Kesehatan dan Tenaga teknis maka tidak menutup kemungkinan bahwa Formasi CPNS tahun 2019 nanti juga akan membutuhkan formasi tersebut. Misalnya untuk tenaga guru antara lain Guru kelas SD, Guru Bidang Studi Matematika, Guru TIK, Guru Agama Kristen.

Formasi tenaga kesehatan misalnya Dokter umum, dokter gigi, dokter hewan, perawat, bidan, pranata laboratorium, dan Apoteker. Sedangkan formasi tenaga teknis, seperti Pranata komputer, analis keuangan, pranata kearsipan dan lain sebagainya.

Dalam hal seleksi penerimaan CPNS, formasi CPNS merupakan hal pertama yang sangat penting untuk diketahui oleh calon pelamar, seakan bertanya apakah ada formasi cpns dan lulusan yang sesuai dengan diri pelamar. Sebelum memutuskan untuk melakukan pendaftaran CPNS, ada baiknya terlebih dahulu memahami dan memastikan apakah ada formasi jabatan dan pendidikan yang sesuai dengan diri Anda.

Rincian formasi CPNS akan diumumkan bersamaan dengan pengumuman CPNS. Jika suatu Instansi Pemkab, Pemkot, Pemprov dan Kementerian/Lembaga membuka lowongan CPNS Anda bisa mendapatkan rincian formasinya pada website resmi Instansi terkait. Biasanya tiap Instansi yang membuka seleksi CPNS akan mengumumkan pengumuman serta rincian formasinya di website resmi Instansi.