Apakah CPNS bisa Minta Cuti?

Cuti adalah berhenti sementara waktu dari aktivitas pekerjaan sehari-hari. Cuti biasanya tidak masuk bekerja seperti biasanya. Dari biasanya masuk setiap hari, kalau mau cuti maka untuk sementara waktu tidak masuk bekerja. Cuti biasanya dilakukan bagi dunia pekerjaan, baik di Instansi perusahaan swasta maupun Instansi pemerintahan seperti PNS maupun CPNS.

Untuk pekerja berstatus PNS, cuti merupakan suatu hal yang biasa dilakukan. PNS mengambil cuti karena suatu hal, misalnya cuti karena hamil, cuti karena melahirkan dan lain sebagainya. Namun, bagaimana dengan cuti bagi mereka yang saat ini masih berstatus CPNS?. PNS dengan CPNS adalah sesuatu yang mirip namun memiliki perbedaan. Hak dan kewajiban PNS dengan CPNS mungkin memiliki perbedaan, termasuk dalam hal urusan cuti. CPNS yang baru saja dilantik namun tiba-tiba minta cuti apakah bisa?.

Dalam hal cuti ASN (PNS), ada beberapa jenis cuti. Bagi anda yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang cuti PNS, silahkan baca Peraturan BKN Nomor 24 Tahun 2017.

Bagi kamu yang sedang bertanya, apakah seorang CPNS bisa mengambil cuti?. Mungkin twit ini bisa menjawab pertanyaan tersebut.

@Iraraina1
Udah di baca min, tapi yang tertera untuk PNS, kalo CPNS gimana min?

@BKNgoid
Normatifnya, CPNS belum memiliki hak atas cuti. Klo untuk kasus tertentu mis melahirkan, izin dan brp lama-nya balik ke kebijakan instansi.



Dari jawaban @BKNgoid tersebut, saya menyimpulkan, menurut saya cuti untuk CPNS tidak ada dalam aturan pusat. Tetapi bila anda ingin cuti, silahkan konsultasikan kepada Instansi di unit mana Anda bekerja. Kebijakan pusat dengan kebijakan Instansi mungkin bisa berbeda.

Jika anda saat ini berstatus CPNS pada suatu Instansi dan ingin minta cuti, anda dapat berkonsultasi kepada Instansi dimana anda ditempatkan.