4 Tips Agar Sepeda Motor Bebas Dari Maling Motor


Sepeda Motor merupakan sebuah alat transportasi yang paling praktis dan sudah menjadi kebutuhan masyarakat saat ini. Sepeda motor merupakan alat moda transportasi yang memudahkan orang untuk pergi ke suatu tempat tujuan yang dekat maupun jauh. Misalnya orang yang ingin pergi pasar, pergi ke kantor, pergi ke sekolah dan lain-lain selalu mengandalkan kendaraan sepeda motor. Apalagi kendaraan sepeda motor ini sangat gampang untuk di kendarai. Tak tanggung-tanggung mulai dari anak-anak sekolah SD sudah banyak yang bisa mengendarai sepeda motor, baik perempuan maupun laki-laki. Hal ini karena sepeda motor sudah dirancang untuk mudah dikendarai, ditandai dengan munculnya sepeda motor jenis baru semisal sepeda motor matic. Kemunculan sepeda motor baru kelas Matic Yamaha maupun Honda dengan harga yang terjangkau memungkinkan masyarakat berlomba-lomba ingin memiliki sepeda motor untuk alat transportasinya.

Semua orang yang memiliki sepeda motor sendiri ingin agar sepeda motornya aman dari pencuri sepeda motor. Apalagi sekarang ini kasus pencurian sepeda motor sedang marak dan tidak pernah habisnya. Kasus pencurian sepeda motor ini menimbulkan keresahan bagi pemilik sepeda motor. Pencurian sepeda motor acap kali terjadi ketika motor sedang di parkir, baik yang terparkir di teras rumah, di sekolah dan di tempat-tempat umum lainnya. Para oknum pencuri sepeda motor kini sudah memiliki trik dan kemampuan khusus untuk mencuri motor dengan sesuatu alat yang sederhana.

Walaupun perusahaan pembuat sepeda motor kini sudah mulai membuat sistem keamanan canggih (remote control alarm) pada setiap sepeda motor keluaran terbaru, namun masyarakat masih perlu untuk lebih berhati-hati agar sepeda motor miliknya jangan sampai dicuri oleh maling sepeda motor.

Bagi kamu pemilik sepeda motor yang ingin agar sepeda motor yang sedang terparkir aman dari pencurian berikut kami uraikan trik dan tips khusus untuk mencegah kendaraan sepeda motor Anda bebas dari maling dimana pun kendaraan Anda parkir. Tips ini minimal untuk mempersulit ruang gerak dari sang maling.

Agar Sepeda Motor bebas dari maling motor, berikut 4 tips sederhana yang perlu Anda lakukan agar sepeda motor Anda tidak hilang di curi maling.

1. Kunci Stang Kanan

Dimana pun anda parkirkan sepeda motor Anda, kunci stang adalah hal wajib untuk dilakukan. Jangan pernah anda untuk lupa mengunci stang. Kunci stang adalah hal yang paling mendasar dan praktis keamanan pertama motor Anda. Umumnya orang mengunci stang sepeda motornya di sebelah kiri. Jika selama ini kamu terbiasa mengunci stang kiri, mulai sekarang ubahlah kebiasaan itu. Nah, kuncilah stang sepeda motor anda di kanan menjadi kunci stang kanan. Kunci stang kanan ini minimal mampu mempersulit pergerakan maling dan terbukti menyulitkan pencuri sepeda motor.
Tips kunci stang kanan ini bisa mencegah motor dari maling untuk beraksi.

2. Kunci Ganda

Setelah kunci stang kanan, tambahkan dengan kunci ganda. Kunci ganda yang dimaksud bisa berupa gembok biasa ataupun gembok khusus sepeda motor. Gembok biasa bisa anda beli di toko material bangunan (panglong). Sementara kunci ganda khusus sepeda motor bisa dibeli toko/bengkel sparepart sepeda motor. Harga kunci gembok biasa cukup murah, mulai dari 20 ribuan. Kalau mau sepeda motor Anda lebih terjamin keamanannya, anda bisa membeli gembok khusus seperti Gembok Griplock Grip Lock, Schone, Spy 5000m, Xena Gembok Alarm XZZ6L, Kryptonite New York Fahgettaboudit, MysBiker Disc Brake Lock, Big Pantha Handlebar Lock, Winner International The Club UTL810, Abus Detecto 7000 RS 1 Alarm Disc Lock, Artago Secure, Onguard Doberman Combination, Abus Granit Detecto. Gembok ini biasa dipasang di jari-jari atau cakram ban maupun di rante sepeda motor. Kunci ganda (gembok) ini sangat ampuh untuk mempersulit maling untuk beraksi.

3. Mudah di Jangkau

Mudah dijangkau maksudnya adalah dimana pun sepeda motor Anda parkirkan, pastikan bahwa sepeda motor anda dapat Anda jangkau atau minimal masih di area dimana Anda berada. Misalkan jika Anda sedang bepergian ke rumah atau tempat kost teman parkirkanlah sepeda motor Anda di depan teras rumah teman Anda.  Bila perlu parkirkan di tempat-tempat yang mudah untuk dipantau dari dalam rumah. Begitu juga jika sepeda motor Anda diparkirkan di depan rumah sendiri, pastikan sepeda motor Anda terparkir di tempat-tempat yang mudah sesekali untuk di pantau dari dalam rumah. Jangan parkirkan sepeda motor Anda jauh dari jangkauan Anda, misalkan parkir di samping tembok rumah yang sulit untuk di pantau dari dalam rumah.

4. Titip ke Tukang Parkir

Jika Anda bepergian ke suatu tempat, misalnya ke pasar untuk belanja naik sepeda motor sendiri. Carilah tempat parkir yang ada tukang parkirnya. Jangan lupa katakan kepada sang tukang parkir. Pak, titip sepeda motornya ya Pak!. Dengan anda meminta titip sama tukang parkirnya, si tukang parkir akan merasa dihargai dan tentu saja si tukang parkir akan berusaha mengingat sepeda motor Anda dan menjaganya. Bila Anda ingin pulang dan mengambil sepeda motor dari tempat parkir tersebut, berikan uang parkir sesuai dengan tarifnya dan sampaikan ucapan terima kasih kepada sang tukang parkir.

Demikianlah uraian tips agar sepeda motor Anda sulit untuk di curi oleh maling motor. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda khususnya bagi Anda yang ingin mengetahui tips mencegah sepeda motor agar jangan hilang di curi oleh maling motor. Kiranya sepeda motor Anda selalu aman dan jauh dari pencurian.